Gaya Hidup

Kuliner yang Hanya Ada di Sampang: Ikan Mendut Bakar

Muraki menunjukan ikan mendut sebelum dibakar

Sampang (beritajatim.com) – Potensi kuliner di wisata pantai utara (Pantura) Kabupaten Sampang, ternyata tidak kalah dengan wilayah lain. Ada satu masakan ikan bakar yang jarang dijumpai, yakni ikan mendut bakar.

Mungkin kalau jenis ikan bakar gurami, kakap, baronang dan kerapu sudah lumrah atau banyak ditemui di rumah makan. Tetapi, khusus ikan mendut atau yang biasa disebut dengan ikan ayam-ayam ini, adanya hanya di rumah makan pesisir pantura Sampang.

“Saya menjumpai ikan mendut ini di salah satu rumah makan tak jauh dari Pom bensin Kecamatan Ketapang, dan rasanya luar biasa tidak kalah dengan ikan bakar jenis lainya,” kata Endin, pecinta kuliner asal Sampang, Senin (11/11/2019).

Edin menceritakan, daging ikan mendut kalau dibakar rasanya mirip dengan gurami. Tetapi, karena dagingnya tebal, dimasak apapun ikan mendut ini selalu membikin ketagihan.

“Kalau menurut kami, layak sekali ikan bakar mendut ini menjadi andalan kuliner di wilayah pantura Madura,” jelasnya.

Muraki, salah satu pemilik warung makan Mantap di seberang jalan Pom Bensin Ketapang mengaku stok ikan mendut melimpah di kawasan pantura. “Untuk ikan mendut di pantura melimpah dan tidak khawatir untuk dikembangkan sebagai kuliner andalan Sampang,” pungkasnya. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar