Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kuliner Legendaris Yogyakarta, Brongkos Alun-alun Kidul

 

 

Surabaya (beritajatim.com) – Sekilas memang seperti rawon karena bumbu yang dibuatnya berbahan dari kluwek hitam yang biasa dipakai rawon. Namun setelah dicicipi rasanya berbeda. Rasa kental santan dengan balutan bumbu racik rempah dan kluwek serta rasa manis menjadikan menu khas Yogyakarta yang bisa dicoba.

Brongkos, kuliner legendaris yang tak pernah sepi pembeli ini berada di ruas jalan menuju Plengkung Gading atau Jln. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta atau pintu gerbang sisi kanan alun-alun. Brongkos Handayani buka sejak pagi hingga siang hari.

Usaha yang sudah berjalan sekitar 43 tahun ini sekarang dilanjutkan oleh anak-anak dari Pak Adijo dan Bu Saridjem. Meski begitu, tidak ada yang berubah dari resepnya. Salah satu rahasia yang dimiliki kedai brongkos ini adalah menggunakan 16 bumbu.

 

Seperti bawang merah dan putih, kemiri, merica, kemiri, cabai, lengkuas, kencur cunthi dan lain-lain. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dicampur dengan rebusan kaldu sapi yang gurih. Perpaduan antara keduanya menghasilkan sajian yang lezatnya nggak kira-kira.

Salah satu wisatawan asal Porong, Jawa Timur ini menyempatkan diri mencicipi menu khas selain gudeg, yakni brongkos koyor. Begitu mencoba wanita bernama Unata Dwi ini langsung terkejut dibuatnya. Pasalnya rasanya yang hampir seperti lodeh ini tidak pernah dijumpai di kota besar lainnya dan baru pertama kali ini mencoba rasa dari brongkos koyor.

“Warnanya cokelat kaya lodeh gitu tapi pas mencicipi rasanya beda tapi hampir serupa bedanya lodeh gurih. Kalau ini cenderung manis. Mungkin ada perpaduan kecap dan gulanya. Jadi kalo makan ini lebih nikmat pakai sambal supaya tidak terlalu enek,” ungkap wanita dua anak ini, Sabtu (14/5/2022).

Menu yang disajikan cukup banyak. Bukan hanya brongkos koyor daging tapi pecinta kuliner bisa memilih Nasi Brongkos Telur, Nasi Rames Telur, Nasi Pecel Tempe atau Nasi Soto Ayam. Harga per menunya mulai dari Rp 4 ribu. Untuk Nasi Brongkos Koyor, mulai dari Rp 20 ribu hingga 35 ribuan. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar