Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kuliner Khas Papua, Mujair Tepi Danau Sentani

Wartawan beritajatim.com Wahyu Hestiningdyah saat menikmati kuliner khas Papua.

Papua (beritajatim.com) – Jika dilihat sekilas, kudapan ini sama saja dengan ikan mujair yang ada di Jawa. Namun siapa sangka jika kelezatan ikan mujair khas Sentani Jayapura ini berbeda.

Identik dengan bau tanah, mujair Jawa terasa kasar di bagian dagingnya. Termasuk jika digoreng ataupun di steam dengan kuah khas.

Nah ketika reporter beritajatim.com berkesempatan untuk datang ke kawasan Danau Sentani, tepatnya di Cristo Resto, tempat yang terkenal dengan menu lezat serta lembutnya ikan mujair khas hasil budidaya danau.

Dikatakan oleh warga Jayapura, ada perbedaan antara mujair Jawa dengan Papua. Mujair Jawa cenderung bau tanah. Sedangkan ikan mujair khas Jayapura memiliki tekstur yang lembut dengan duri yang besar serta tak bau tanah.

Wajar saja setiap menu masakan di Jayapura harganya cukup tinggi. Di resto ini menawarkan menu mujair dengan bumbu khasnya seperti mujair woku, kuah kuning hingga bakar dan goreng. Harga seratus ribu hingga seratus lima puluh ribu seporsi.

Mujair kuah kuning dengan papeda menjadi pilihan banyak pecinta kuliner termasuk saya. Papeda adalah bubur sagu khas Indonesia timur yang dipadu dengan mujair kuah kuning.

Rasa segar olahan bumbu rempah kuning yang dikombain dengan buah tomat merah dan daun bawang menambah sensasi rasa yang melekat di lidah. Cara makanya tanpa pakai nasi melainkan papeda. Kuah bumbu kuning dituangkan ke piring lalu gulungan papeda dipadu di dalam kuah lalu disruput.

Tak jarang para pecinta kuliner ketagihan dengan sensasi cara makan ini. Misalnya wisatawan asal Kota Surabaya yang sengaja mencicipi kudapan papeda kuah kuning khas Sentani.

“Rasanya enak banget, daging mujairnya lembut banget pantes kalau harganya cukup tinggi memang beda dengan rasa mujair Jawa. Terus dipadu dengan kuah kuning yang gurih dipadu dengan es kacang merah sempurnalah kuliner di sini,” ungkap Fonda August, pria asal Wonokromo ini, Rabu (6/10/2021).

Jika datang ke Jayapura, tidak salah jika mencicipi sensasi kuliner tepi danau sentani. Tapi jika berlibur siapkan dana anda yang cukup dan pastikan pilihan anda berwisata di Papua tidak membebankan karena biaya yang cukup tinggi. [way/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar