Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kuliner Jawa Barat Soerabi Oncom Kini Ada di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Berawal dari hobby masaknya, wanita asal Bogor, Jawa Barat ini membuka kuliner dengan menu spesial khas Jawa Barat.

Ditemui di kedai usaha miliknya di kawasan Raya Mulyosari 164 Surabaya, Rahmayanti Subiakto sengaja membuka kedai makanan dengan cita rasa Jawa Barat. Alasannya membuka usaha ini karena di kota Surabaya belum ada yang kuliner khas Sunda seperti Soerabi Bandoeng buatannya.

Selain itu kuliner ini menjadi salah satu ajang melepas rindu warga Jawa Barat yang tinggal di Surabaya dengan kampung halamannya bisa bernostalgia berkuliner di Waroeng Soerabi Bandoeng.

“Saya suka masak sejak SMP, apalagi masakan Sunda ya makanya ketika saya punya usaha kuliner ini saya coba masakan Sunda soerabi karena di Surabaya memang belum ada kuliner ini,” ungkap Te Rahma, sang pemilik kedai.

Varian soerabinya pun beragam, tak sekadar dengan menggunakan santan saja, tapi ada soerabi dengan menggunakan oncom atau tempe yang difermentasi, lalu soerabi dengan toping kornet bolognaise yang tidak pernah ditemukan di Surabaya.

Rasanya pun sangat pas, khususnya soerabi oncom serundeng yang rasanya begitu pas bagi orang yang sangat awam dengan oncom. Meski adonan dicampur oncom muda dan diberi toping oncom dengan campuran serundeng di atasnya, rasanya justru makyus.

“Kenapa kok saya pake oncom muda? Takutnya nanti pada gak suka karena rasanya beda kalau fermentasinya lebih lama. Saya juga menyesuaikan rasanya,” ungkap pemilik Waroeng Soerabi Bandoeng, Rahmayanti Subianto.

Begitu pula dengan soerabi kornet bolognaise. Resep yang dibuat sendiri itu terasa sangat nikmat dan sangat mantap meskipun dimakan dengan adonan soerabi yang manis.

Kemudian, ada menu mie kocok yang dimasak tanpa menggunakan penyedap rasa. Murni rasa yang diciptakan menggunakan kaldu rebusan daging dan tulang sapi. Iga Sapi sebagai toping pelengkap semakin terasa lumer di lidah dan tak menyusahkan ketika dimakan.

Terakhir, ada lumpia basah berisikan bengkoang, telur dan tauge yang dimasak dengan saos bengkoang dan disajikan di atas kulit lumpia basah.

Soal harga tak perlu gelisah, pecinta kuliner tak perlu mengeluarkan uang yang mahal karena untuk menikmati soerabi saja cukup menyiapkan uang Rp7 ribu sampai Rp15 ribu saja. Sedangkan untuk lumpia basah Rp15 ribu, dan mie kocok Rp25 ribu. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar