Gaya Hidup

Konsumsi Vitamin C Berlebihan, Nutrisi Tubuh Jadi Tidak Seimbang

Photomix, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Vitamin C dikenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Nutrisinya yang melimpah banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran. Vitamin C yang cukup bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kekuatan tulang, meningkatkan fungsi otak, serta memiliki peran yang penting untuk proses penyembuhan luka.

Semenjak wabah Covid-19, vitamin satu ini menjadi incaran banyak orang. Masyarakat berbondong-bondong mengonsumsi vitamin C untuk menjaga tubuh dari virus. Tak hanya berasal dari makanan, suplemen vitamin C pun banyak beredar, dengan iming-iming mampu memberikan nutrisi yang lebih banyak.

Hal ini sebenarnya tidak masalah, namun akan menjadi masalah ketika masyarakat tidak memperhatikan dosis yang dibutuhkan. Untuk orang dewasa sendiri, disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk meminum vitamin C sebanyak 65-90 gram dan maksimal 2000 miligram per hari. Konsumsi vitamin C secara berlebihan rupanya juga bisa memberi efek samping yang buruk. Ini dia beberapa penyakit yang ternyata bisa timbul akibat vitamin C dengan dosis tinggi.

1. Masalah Pencernaan

Efek yang menganggu pencernaan ini biasanya bukan disebabkan oleh vitamin C yang terdapat pada makanan, tetapi karena suplemen vitamin C. Bukan sembarang suplemen, efek ini akan hadir apabila pengguna mengonsumsinya lebih dari dosis yang disarankan, yakni 2.000 mg. Umumnya, akan muncul gejala mual dan diare.

2. Nutrisi Tak Seimbang

Siapa sangka konsumsi vitamin malah bisa membuat kebutuhan nutrisi tidak seimbang? Hal ini karena kelebihan vitamin C bisa membuat nutrisi yang lainnya tidak terpenuhi, karena fungsi tubuh yang mulai terganggu sehingga tidak bisa mengolah nutrisi lainnya dengan maksimal.

3. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh limbah tumbuh yang berasal dari kelebihan vitamin C. Limbah ini pun disebut dengan oksalat, dan dalam beberapa kasus, oksalat mampu mengikat mineral dan mmbentuk Kristal dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

4. Kelebihan Zat Besi

Baik dalam menyerap zat besi memang menjadi keahlian vitamin C. Tetapi, apabila konsumsi yang terlalu banyak, rupanya dapat terjadi penumpukan zat besi pada tubuh akibat penyerapan zat besi yang menjadi berlebihan.

Memberi asupan gizi yang cukup untuk tubuh memang sangat baik, namun sekali lagi, perhatikan nutrisi yang masuk karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jangan pula terlalu banyak meminum suplemen, sebaiknya perbanyak vitamin alami yang berasal dan makanan. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar