Gaya Hidup

Referensi menu olahan Ikan

Konsumsi Ikan Tilapia, Dapat Tumbuhkan Protein Lebih Pada Anak

Chef Normal Ismail usai memasak menu Plecing Ikan Tilapia di Four Point, Surabaya, Kamis (15/8/2019)

Surabaya (beritajatim.com) – Pemilihan ikan untuk dikonsumsi kini tak perlu lagi repot, konsumen pecinta kuliner bisa dengan mudah mencari dan mendapat ikan jenis air tawar yang sudah filet dengan cara cepat untuk dimasak.

Salah satunya ikan Tilapia Regal Spring, sejenis ikan nila namun telah di fillet ini menjadi refernsi para konsumen yang gemar memasak dengan mudah dan cepat.

Norman Ismail, Chef dari Regal Spring Indonesia mengatakan jika ikan tilapia ini baik untuk kesehatan, karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang banyak bermanfaat untuk tubuh dan yang pasti dia itu memiliki Omega kandungan omega 3, Omega mineral dan merupakan sumber protein.

Tak heran jika, Chef Norman mengkreasikan berbagai jenis menu, salah satu plecing kangkung ikan Tilapia yang di masak dalam acara Chef gathring regal spring Indonesia, di Four Point Hotel, Surabaya.

“ikan tilapia ini bagus untuk kesehatan terutama anak-anak, mereka masih butuh sumber protein alternatif yang nilai proteinya yang cukup tinggi dibanding dengan protein yang lain. Maka ini saya akan mempraktekkan cara mengolah ikan ini menjadi menu yang lezat,”ucap Norman, Kamis (15/8/2019).

Norman menunjukkan cara pengolahan ikan kepada para konsumen, pertama ikan yang masih dalam keadaan frozen didiamkan hingga es yang membeku hilang. Sesudah itu barulah ditirskan dan dipanggang di atas pan atau wajahn yang sudah di beri margarin atau minyak goreng.

Panggang selama 10 hingga 15 menit diatas pan, hingga daging dari ikan ini mengeras karena tekstur dari ikan asli Indonesia ini berbeda dengan ikan dori yang cenderung lebih kepyur.

Setelah itu masukkan bumbu pedas seperti tomat, cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan putih, garam, gula lalu haluskan dan tumis hingga matang dan campurkan kangkung dan ikan yang sudah dipanggang sebelumnya.

“Tekstur ikan Tilapia ini beda dengan dori, kalau ikan ini dibudidaya di air tawar dan dagingnya keras tapi lembut sedangkan untuk dori kan air laut dan lebih lembut dan mudah kepyar. Dan ikan ini cocok sekali jika di masak seperti kebab, plecing kangkung, bahkan untuk burger,”imbuhnya.

Lebih lanjut, ikan yang kini mulai dibudayakan di Solo dan Danau Toba ini, tak butuh lama untuk mencarinya, hampir disetiap supermarket atau pasar modern sudah ada pilihan ikan Tilapia ini dengan beragam kiloan. [Way/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar