Gaya Hidup

Jelang Hari Santri Nasional 2019

Komunitas Seni dan Teater Meriahkan Pagelaran Lesbumi

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah komunitas seni hingga teater dari berbagai perguruan tinggi di Pamekasan, memeriahkan Pagelaran Seni Budaya yang digelar Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) di Cafe 9 PCNU Pamekasan, Jl R Abd Aziz 95, Sabtu (12/10/2019) malam.

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Santri 2019, dilakukan sebagai upaya untuk mengajak generasi muda khususnya kaum santri agar kembali merefleksikan semangat perjuangan para pahlawan. Khususnya para masyaih maupun para santri yang ikut serta berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat khususnya kaum santri, untuk ikut serta mengisi kemerdekaan dengan saling menjalin silaturrahim sebagai salah satu bentuk komitmen menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI,” kata Ketua Lesbumi PCNU Pamekasan, Wazirul Jihad, Minggu (13/10/2019).

Selain itu, Oktober merupakan salah satu momentum tepat untuk terus menjalin persatuan dan kesatuan. Salah satunya melalui seni dan budaya yang digagasnya. “Sesuai tema yang kita usung, senyum untuk Indonesia dari Santri. Kami ingin merefleksikan perjuangan para masyaih dan kaum santri pada masa perjuangan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menggandeng sejumlah komunitas seni hingga teater dari berbagai perguruan tinggi di Bumi Gerbang Salam. “Hal ini kita lakukan sebagai upaya agar terus menjalin tali silaturahmi antar para pecinta seni, tidak terkecuali di kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi,” jelasnya.

Pagelaran yang juga dimotori Raden Mas Chellheng (RMC), juga dimeriahkan oleh sejumlah komunitas seni lainnya. Di antaranya Musik Daul SMA Negeri 1 Pamekasan, Komunitas Ataretanan, Santre Gus Dur hingga Komunitas Seni dan Budaya Paddheng Bulan.

Selain itu juga tampak hadir sejumlah komunitas teater dari berbagai perguruan tinggi, di antaranya Teater AKURA UNIRA, Teater Fataria IAIN Madura, Teater Keged IAI Al-Khairat Pamekasan, Teater Pangestu UIM Pamekasan, serta Rato Bhangsa STIEBA. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar