Gaya Hidup

Kini, Berkuda dan Memanah Bisa Dinikmati Orang Biasa

Sidoarjo (beritajatim.com) – Wisata edukasi olahraga berkuda dan panahan Yussar Stable and Riding di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, diresmikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (24/10/2020).

Yussar Stable and Riding merupakan tempat untuk pembinaan atlet-atlet cabang olahraga berkuda dan panahan dari tingkat anak-anak sampai dewasa. Gubernur Jatim mengapresiasi penggagas lokasi wisata edukasi tersebut. “Saya apresiasi kepada penggagas tempat wisata edukasi olahraga ini. Meski dekat semburan lumpur, namun lokasinya sangat bagus dan luar biasa,” sanjung Khofifah.

Terlebih, lanjut gubernur, pengembangan wisata ini melibatkan asosiasi pengusaha desa. Ini artinya sangat percaya diri bahwa di desa ini potensinya luar biasa. “Mudah-mudah ini bisa menemui sukses dan bisa terus dikembangkan. Bahkan berikutnya bisa menjadi referensi bagi desa-desa yang lain,” tandasnya.

Khofifah menjelaskan yang luar biasa adalah adanya anak muda milenial desa dan ingin menjadikan sesuatu dari desanya menjadi lebih baik. Dari pikiran-pikiran inovatif itu mampu menciptakan wisata edukasi berkuda dan memanah.

“Dari anak-anak desa semoga terus bisa dikembangkan, karena dari kegiatan ini bisa menambahkan lapangan pekerjaan. Selain itu berkuda dan memanah merupakan olahraga yang dilombakan di olimpiade,” jelas Khofifah.

Yang cukup menggembirakan lagi, sambung Khofifah, berkuda yang tergolong olahraga kelas atas atau mahal, namun di Kalidawir bisa dinikmati oleh pengunjung siapapun yang bersedia belajar berkuda. “Saya salut, olahraga mahal, tapi bisa dinikmati orang biasa,” imbuhnya.

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono sangat mendukung wisata edukasi ini. Terlebih nantinya juga akan dikembangkan dengan mengembangkan area yang ada, termasuk bekerjasama dengan pihak Desa Kalidawir yang lahannya berdampingan dengan area Yussar Stable and Riding akan digunakan untuk wisata air dan alam, yang mana banyak terdapat kolam pancing.

“Bagus rencana kedepannya yang akan menggandeng BUMDes Kalidawir dalam mengembangkan wisata tersebut. Tentunya ini juga akan mendatangkan atau berdampak menggeliatnya perekonomian warga sekitar atau Desa Kalidawir,” terang Hudiyono.

Sementara itu, penggagas wisata edukasi berkuda dan panahan, Zahlul Yussar mengatakan, nantinya di tempat tersebut disediakan berbagai fasilitas menarik. Misalnya, spot foto yang instagramable, sepeda air, playground untuk anak, outbond, spot panahan, dan yang paling utama adalah arena berkuda.

“Insya Allah ke depan ingin membuatkan wadah untuk pelajar, kami akan buat wisata edukasi. Di sini nanti juga ada mini zoo-nya atau kebun binatang mini,” pungkasnya. [isa/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar