Gaya Hidup

Khofifah Dorong Poktan Kakao Terus Berproduksi

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menilik Wisata Desa di Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong agar kelompok tani (poktan) kakao terus berproduksi demi pergerakan ekonomi serta tercukupi kesejahteraan anggotanya. Hal tersebut disampaikan saat menilik Wisata Desa di Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Khofifah juga mempersilahkan agar para kelompok tani yang kesusahan dalam permodalan bisa mengajukan bantuan pinjaman ke bank Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun BPD Jatim. “Sekarang ini, bank UMKM dan BPD Jatim sedang over liquid atau likuiditasnya terlalu tinggi, jadi memang harus dicairkan,” ungkapnya, Selasa (4/8/2020).

Orang nomor satu di Jawa Timur ini menyampaikan, poktan yang butuh pinjaman termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), bisa mengajukan. Dana Pihak Ketiga (DPK) di BPD Jatim ada Rp66 triliun, yang dicairkan baru Rp39 triliun dan ditambah Rp2 triliun lagi oleh Menteri Keuangan. Menurutnya, jika tidak cepat dicairkan, malah tidak bagus.

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengatakan, coklat Bumi Majapahit yang kualitasnya tidak kalah bersaing dengan daerah lain. “Kualitas coklat kita disini, tidak kalah dari daerah lain. Pemerintah Kabupaten Mojokerto akan terus mendukung agar produksi kakao makin meningkat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Poktan Mulyojati sekaligus Ketua Asosiasi Kakao Jawa Timur, Mulyono menjelaskan jika timnya telah banyak mendapat support yang berbuah dengan rentetan prestasi. Antara lain penghargaan Kelompok Tani Terbaik se-Indonesia, dan Petani Penghasil Coklat Terbaik se-Indonesia.

“Terima kasih juga atas support yang diberikan pada kami. Saat ini sudah ada 1.337 anggota petani coklat dan 22 anggota kelompok tani di Jawa Timur. Kemarin kita juga memperoleh bantuan bibit coklat sebanyak 50 ribu bibit yang siap tanam dari Dinas Perkebunan Pusat,” jelasnya.

Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Wemmi Niamawati, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Timur serta OPD terkait Pemkab Mojokerto. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar