Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Ketika Mengalami Demam, Cobalah Untuk Lakukan Hal Ini

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) Perasaan tidak enak badan seperti demam besar kemungkinan kita mengalami reaksi ini. Biasanya seseorang yang mengalami demam akan muncul peradangan atau terkena infeksi penyakit. Hal itu akan membuat suhu tubuh naik. Namun, saat orang mengalami demam akibat penyakit, kadangkala orang menganggap jika tidak mandi untuk menghindari suhu tubuh semakin tidak stabil. Apakah itu hal yang tepat?

 

Kebersihan adalah kunci sembuh bagi Orang Sakit
Jika dipahami dengan tepat, maka kita mengerti mandi dan demam tidak ada hubungannya. Bahkan ketika kita demam justru perlu membersihkan tubuh. Hal ini dilakukan karena mandi dibutuhkan untuk menjaga kebersihan supaya tidak ada penyakit dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Walaupun perlu diakui ketika demam mungkin terasa kurang nyaman karena suhu tubuh kurang stabil. Tapi ingat jika kebersihan tubuh untuk orang yang sakit merupakan cara mudah untuk sembuh.

 

Bersihkan Tubuh dengan Mandi Air Hangat
Sebenarnya, demam bukanlah penyakit, namun hasil proses peradangan dalam tubuh. Penyebabnya adalah sistem imun melawan infeksi dengan menaikan suhu tubuh kemudian memberi sinyal ada bagian yang terkena infeksi. Maka, saat itu kita merasakan demam dengan keadaan suhu tubuh mencapai 38-39 derajat celcius. Sedangkan yang terjadi pada anak-anak, biasanya suhu tubuh mereka ada di 37 derajat celcius sudah dianggap demam.

Supaya mandi menjadi lebih nyaman, kita bisa mandi ketika demam dengan air hangat. Kalau kita mandi dengan air dingin saat demam, maka tubuh akan menganggap sebagai ancaman proses melawan infeksi. Pasalnya tubuh sedang berusaha menaikan suhu, namun ada perlawanan kembali sehingga demam semakin parah. Selain itu, mandi air dingin mampu menutup pori-pori yang membuat penurunan suhu tubuh secara tiba tiba dan memicu badan menggigil.

 

Konsumsi Obat dan Rawat Diri Ketika Demam
Selain menjaga pola makan dan kebiasaan baik, kita bisa menambahkan obat Pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin setelah mandi atau membersihkan diri ketika masih tidak nyaman. Manfaat dari obat bisa membantu untuk menjaga suhu tubuh tidak terlalu panas. Tapi sebelum mengonsumsi lebih baik tanyakan pada dokter cara penggunaannya. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar