Gaya Hidup

Kerajinan Bambu Semeru Lumajang Mulai Bangkit

Lumajang (beritajatim.com) – Kerajinan bambu Semeru di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro sempat terpuruk di awal-awal Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia. Pemesan menurun drastis lantaran kekhawatiran dari jasa pengiriman.

Namun dengan perlahan mulai bangkit dan melayani pemesanan dari luar kota. Kerajinan teko, gelas dan nampan menjadi buruan pembeli luar kota dan antar pulau. “Alhamdulillah ada pemesan mulai ramai lagi meski di tengah Pandemi,” kata Seorang pengrajin bambu, Imam Safi’i (40) warga Sumbermujur Kecamatan Candipuro pada beritajatim.com, Minggu (22/11/2020).

Masih kata dia, dalam seminggu ini sudah ada pesanan satu komplit teko, gelas dan nampan ke Jakarta. Sehingga para pengrajin kembali bersemangat. “Sekarang mulai normal untuk pemesanan,” jelasnya.

Untuk bisa memenuhi pesanan dan ketersediaan bambu di Sumbermujur. Desa yang berada tepat di sebelah timur kaki Gunung Semeru memiliki hutan bambu dengan ratusan barongan. Untuk satu pohon bambu, tambah Imam, bagi pengerajin wajib menanam 10 bibit di kawasan hutan. Karena bisnis kerajinan berbasis konservasi alam. “Jangan sampai bambu habis untuk kerajinan, alam harus kembali semula,” terangnya.

Untuk harga satu paket kerajinan teko, gelas dan nampan dipatok Rp. 150 ribu. Sedangkan untuk cobek, sedotan dan berbagai bahan dapur disesuaikan dengan pemesanan. “Paketan lebih disukai, sebagai bahan hiasan untuk suguhan di Hotel dan Cafe, atau rumahan,” papar Imam.

Kerajinan hasil Bengkel Bambu Sumbermujur mendapat apresiasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat kunjungan untuk sosialisasi penggunaan Dana Desa 2021 beberapa waktu lalu. Karena warga Sumbermujur mampu memanfaatkan potensi daerah dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui wisata dan kerajinan bambunya. “Kemarin diapresiasi pak Menteri Desa, bahkan ada pemesanan dari kementerian.” ungkapnya.

Kerajinan bambu Semeru Sumbermujur sudah mendarat di Australia dengan pemesanan dari seseorang di Bali untuk dikirim ke Negeri Kangguru. Para pengrajin berharap pandemi segera usai, agar hasil tangan kreatifnya diterima pasar Indonesia dan Luar Negeri. Bagi yang mau pesan satu kerajinan bambu warga Sumbermujur bisa hubungi 085204953492. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar