Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kenali Ciri Lingkup Pertemanan yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Mental!

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) Manusia memang makhluk sosial yang selalu butuh kehadiran orang lain yang merupa dalam wujud seorang teman. Tetapi sebagai manusia, ada kalanya justru berada pada posisi kehadiran teman yang kurang baik. Lingkup pertemanan atau circle pertemanan yang tidak baik ini bahkan bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Sehingga sebaiknya Anda hindari, bahkan tinggalkan jika berada pada circle pertemanan dengan ciri berikut ini.

Pertama, circle yang bisa membuat sulit berkembang

Mereka yang mungkin tidak akan pernah mendukung Anda guna mencapai sesuatu. Justru sebaliknya, mereka suka menjustifikasi banyak hal, tidak jarang juga sering melarang suatu hal. Anda pun akhirnya jadi punya banyak ketakutan untuk melangkah. Jika berada pada circle pertemanan ini, Anda mungkin harus mulai punya pertimbangan baru untuk melanjutkan atau meninggalkan.

Kedua, circle yang membuat Anda merasa tidak betah

 

Saat Anda bersama sekumpulan teman lalu merasa tidak pernah nyaman. Mungkin itu terjadi karena cara bicara mereka yang berbeda, candaan mereka yang berbeda, hingga kebiasaan yang berbeda. Sebab lingkup pertemanan yang sehat akan selalu menjadi tempat paling indah untuk sebuah pembicaraan.

 

Ketiga, lingkup pertemanan yang membuat Anda tidak bisa jadi diri sendiri

Ada rasa takut jika Anda hendak jadi diri sendiri saat bersama sekumpulan teman. Ada rasa takut akan tidak diterima, atau takut teman Anda tidak suka. Anda pun harus bermuka dua, dengan bersifat seolah olah, dan tidak menjadi diri sendiri.

 

Pertanyaannya apakah lingkup pertemanan ini jahat? Sebenarnya tidak juga, hanya saja Anda kurang cocok berada dalam circle itu. Jika itu terjadi Anda harus mengupayakan komunikasi yang baik. Komunikasi itu kunci, coba bicarakan dengan teman bagaimana baiknya circle pertemanan itu.

Atau jika itu tidak bisa diusahakan maka Anda sudah waktunya untuk mencari circle baru, cari support system baru, cari teman baru yang cocok. Sebab perlu Anda sadari bahwa sebagai manusia punya hak buat memilih hendak berteman dengan siapa atau pergi dari circle yang membuat tidak nyaman itu. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar