Gaya Hidup

Kemenag Bojonegoro Lakukan Bimbingan Pranikah Angkatan 24

Bojonegoro (beritajatim.com) – Petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro memberikan bimbingan pranikah kepada sejumlah pasangan calon pengantin yang akan melakukan akad nikah pada bulan Oktober 2019 ini. Bimbingan pranikah ini diberikan di aula Kemenag Bojonegoro, Senin (7/10/2019).

Plt Kepala Seksi Bimas Islam, Kemenag Bojonegoro Mohammad Muhlisin Mufa mengatakan bimbingan perkawinan pranikah ini dilakukan sesuai Surat Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam nomor 379 tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin.

“Bimbingan pranikah ini mulai diberikan tahun 2019, ini sudah masuk angkatan ke 24 pada tahun ini,” ujarnya, Senin (7/10/2019).

Sementara dalam bimbingan yang diberikan oleh petugas Kemenag Bojonegoro, Ketua KUA Bojonegoro, Mohammad Haris mengatakan, dalam menjalin hubungan keluarga, tujuan utama adalah sakinah mawadah warahmah. Hal itu bisa dicapai dengan berpasangan, melakukan janji kokoh dan ketika kedua itu sudah dilakukan harus saling cinta, jaga, sayang, dan saling hormat.

“Dalam rumah tangga kepemimpinan itu bukan hanya beban suami atau istri saja, tetapi bisa diadopsi keduanya dengan cara musyawarah,” ujarnya.

Bisa menghidupkan musyawarah dalam keluarga ini, lanjut dia, menjadi hal pokok. Sehingga, tidak ada yang saling menyalahkan dibelakang hari. Dalam bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin ini juga disampaikan dengan memberi game, yang berhubungan dengan pernikahan dan keluarga. Salah satunya dengan menyanyikan yel-yel Keluarga Sakinah, mendiskusikan keinginan dari dua kelompok, suami atau istri. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar