Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kelebihan Dari Sering Melakukan Aktifitas Fisik Untuk Kesehatan

(Foto: Andera Piacquadio, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Aktifitas fisik seperti olahraga adalah hal yang penting bagi tubuh. Tidak harus melalui aktifitas berat atau nge-gym. Berjalan, jogging, atau aktifitas fisik sederhana pun akan memberi manfaat yang baik bagi tubuh, terlebih jika dilakukan secara rutin.

Secara umum, aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang mampu meningkatkan pengeluaran tenaga/energi dan pembakaran kalori. Selain itu, aktivitas fisik digolongkan dalam kategori yang cukup untuk seseorang melakukan latihan fisik atau olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Salah satu contoh aktivitas fisik adalah berjalan kaki, berkebun, menyapu, mencuci, mengepel, naik turun tangga dan lain-lain.

Jika dijelaskan secara mendalam, maka latihan fisik merupakan semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan terstruktur dan terencana. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesegaran jasmani. Selain itu, ada beberapa latihan fisik dapat dilakukan seperti berlari, jogging, bermain bola, berenang, senam, bersepeda dan lain-lain. Maka dapat dikatakan jika aktivitas fisik merupakan salah satu pilar dan pedoman dari Gizi Seimbang.

Kumpulan Manfaat dari Aktivitas Fisik

Seperti yang sudah kita ketahui olahraga memang memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan ketika melakukan aktivitas fisik adalah mengurangi perasaan cemas, tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu memperlancar kinerja fungsi kognitif, dan sensitivitas insulin.

Bukan hanya itu, ada berbagai manfaat dari aktivitas fisik adalah meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, kekuatan otot, gejala depresi, dan tekanan darah yang berkelanjutan dan menurun. Tapi, kegiatan itu perlu dilakukan secara rutin selama beberapa minggu atau bulan ketika melakukan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik mampu memperlambat atau menunda perkembangan penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes tipe 2 sehingga beresiko kanker dengan aktifitas fisik yang terprogram dalam mengendalikan berat badan dan mengatasi Obesitas.

Jika dilihat sebagai permanen, maka kita perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin, teratur dan berkelanjutan (kontinu). Untuk manfaat kesehatan dengan aktivitas fisik bukan cunna pada anak-anak dan remaja, namun dewasa muda dan setengah baya, orang dewasa yang lebih tua, wanita dan pria, orang pada berbagai ras, dan orang dengan kondisi kronis atau cacat. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar