Gaya Hidup

Ngaji Public Speaking di Pekan Ngaji 6 Pesantren Bata-Bata

Kebanyakan Orang Sukses adalah Pembicara yang Baik

Trainer Public Speaking, Ismail Hermana (pegang mic) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Pekan Ngaji 6 Pesantren Bata-Bata, Panaan, Palengaan, Pamekasan, Jum'at (19/3/2021). [Foto: Humas Pesantren Bata-Bata]

Pamekasan (beritajatim.com) – Salah satu Trainer Public Speaking, Ismail Hermana memotivasi para santri agar memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki untuk hal positif, khususnya dalam aspek berbicara di depan khalayak.

Hal tersebut disampaikan trainer public speaking asal Yogyakarta, saat mengisi materi ‘Ngaji Public Speaking; Menjadi Orator Handal dan Bermutu’ dalam kegiatan Pekan Ngaji 6 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Panaan, Palengaan, Pamekasan, Jum’at (19/3/2021).

Mengawali orasinya saat mengisi materi pada ajang multi event bertaraf internasional, pria yang akrab disapa Mr Ismail memancing semangat para santri yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Salah satunya dengan motivasi positif untuk memancing antusiasme kaum santri.

“Untuk kita ketahui bersama bahwa setiap manusia memiliki gudang kata-kata, bayangkan jika kita menguasai tiga bahasa saja dan setiap bahasa terdapat jutaan kosa kata. Sehingga tidak ada istilahnya manusia kehabisan kata-kata,” kata Ismail Hermana.

Selain itu, ia juga mengajak para santri khususnya para peserta seminar agar tampil berani di depan umum, tentunya harus disertai dengan kemampuan dan kapasitas mempuni. “Prinsipnya, kita tidak perlu belajar public speaking jika hanya mau menjadi penonton,” ungkapnya.

“Tapi perlu diingat, penonton tidak perlu latihan dan latihan justru untuk para pemain. Sehingga harus diakuinya bersama jika para pemainlah yang nantinya akan mendapatkan pialanya,” sambung Mr Ismail, yang mencoba mengobarkan semangat peserta agar tampil berani berorasi di depan publik.

Lepas dari itu, ia juga memberikan deadline waktu bagi peserta agar dapat menjadi orator handal sekaligus menjadi pembicara yang baik. “Berapa lama anda bisa menjadi pembicara yang baik, renungkan sekarang dan tentukanlah. Yakini bahwa kebanyakan orang sukses adalah pembicara yang baik,” tegasnya.

Untuk diketahui, program tahunan Pekan Ngaji 6 Pesantren Bata-Bata mengusung grand tema ‘Sharing the Usefullness’. Dibuka melalui kegiatan Ngaji Akhlak dan Ngaji Dakwah dengan menghadirkan KH Ma’ruf Khozin dan KH Muhammad Najih Maimoen Zubair. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar