Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kaya Vitamin, Buah Plum Bermanfaat Bagi Kesehatan

Any Lane, Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Bentuk buahnya mirip dengan apel yang berwarna merah. Plum ini sejenis tanaman yang berasal dari famili Rosaceae bersama dengan buah persik. Anda mungkin juga tidak familiar dengan buah plum di sekitar anda. Secara alami, buah plum ini biasa ditanam di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa. Di Indonesia, Anda dapat menemukan plum hijau hingga kuning.

Tapi tahukah Anda bahwa buah plum ini memiliki banyak manfaat. Kandungan dalam buah plum yang bermanfaat yaitu terdiri dari vitamin k, vitamin e, vitamin a, vitamin c, serat, kalium, asam folat dan senyawa mineral lainnya. Buah Plum memiliki kalori yang rendah sehingga sangat cocok digunakan untuk yang sedang berdiet. Buah plum juga kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Berikut beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan, simak selengkapnya!

Mengontrol Gula darah
Senyawa yang terkandung dalam buah palm berfungsi untuk menjaga perlindungan terhadap resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah senyawa tersebut adalah flavonoid. Jadi, meskipun plum mengandung karbohidrat, mereka dapat dikonsumsi dengan aman oleh mereka yang menginginkan diet gula atau mereka yang menderita diabetes. buah plum juga dapat memperlambat pemecahan karbohidrat yang dapat menjadi gula dalam tubuh karena terdapat kandungan serat yang terkandung.

Menurunkan kolesterol
asam propionat dari serat-serat plum, merupakan serat yang tidak larut, dan digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah dengan mengikat asam empedu dan menghapus mereka dari tubuh dalam tinja.

Mencegah kanker
Kandungan buah plum juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang berasal dari akibat masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yaitu kandungan antioksidan yang banyak. Manfaat buah pulm untuk kesehatan umumnya digunakan sebagai multivitamin antioksidan yang harus dikonsumsi secara teratur.

Meningkatkan daya ingat
Senyawa flavonoid dalam buah plum juga efektif dalam melindungi terhadap gangguan kognitif (neurodegeneratif) yang berkaitan dengan usia. Dalam hal ini, buah plum dapat meningkatkan memori belajar dan fungsi memori.

Melindungi kesehatan jantung
Komposisi buah plum, termasuk kalium dan mineral, memberikan sifat kesehatan jantung pada buah plum. Mineral dan kalium memiliki manfaat seperti menjaga detak jantung dan kontraktilitas otot jantung. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar