Gaya Hidup

Kabar Baik di Tengah Pandemi, Populasi Elang Jawa di TNBTS Bertambah

Plt Kepala BB TNBTS, Novita Kusuma Wardhani.

Malang (beritajatim.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menyampaikan kabar baik di tengah pandemi Covid-19. Populasi elang Jawa di kawasan ini dilaporkan bertambah dibanding tahun 2019 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BB TNBTS, Novita Kusuma Wardhani mengatakan, pada 2019 lalu hanya ditemukan sebanyak 22 ekor total Elang Jawa. Sedangkan di tahun 2020 jumlah elang jawa yang terbang di langit TNBTS terpantau sebanyak 27 ekor. Elang Jawa dengan nama latin nisaetus bartelsi masuk kategori burung yang dilindungi pemerintah.

“Populasi Elang Jawa meningkat berdasarkan pengamatan dan pemantauan di lapangan. Efek pandemi COVID-19 ini juga berdampak positif terhadap ekologi. Seperti rumput-rumput di kawasan TNBTS sekarang sudah mulai tumbuh dan satwanya lebih bebas,” kata Novita, Selasa, (8/6/2021).

27 ekor itu tersebar di sejumlah site di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pengamatan di lapangan sebanyak 10 ekor terpantau di Site Coban Trisula. 14 ekor di Site Bendolawang dan 3 ekor di luar kedua site.

Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan Balai Besar TNBTS, Toni Artaka memastikan tidak ada penghitungan ganda pada populasi elang jawa. Karena dilakukan secara bersamaan di titik-titik yang berbeda. Pemantauan dilakukan rutin di site wilayah monitoring.

“Kemungkinan penghitungan dobel bisa kita minimalisir. Kita harus menjaga populasinya, jangan sampai di alam tidak ada tetapi di Pasar Burung justru banyak dijual,” tandas Toni. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar