Gaya Hidup

Jumbrek, Kuliner Khas Paciran Kabupaten Lamongan

images_1562149353658

Lamongan (beritajatim.com) – Jumbrek merupakan makanan khas Desa Paciran Kabupaten Lamongan. Meskipun terdengar aneh ketika pertama kali mendengar namanya, rasanya sangat enak di lidah.

Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan sirup gula. Banyak dijumpai di sepanjang Jalan Raya Daendels Desa Paciran.

Salah satu penjual yang biasa disapa Mbak Sulis menuturkan, dia sudah 7 tahun menjual makanan khas desa Paciran ini. Warungnya terletak di seberang Jalan Raya Daendels tepat di seberang Apotek Karang Asem.

Harganya Rp 2.000 saja per biji dan biasanya dijual dalam bungkusan berisi sepuluh buah. Jadi satu bungkus harganya Rp 20.000. “Ini memang sedikit lebih mahal daripada jumbrek-jumbrek lainnya karena ada yang menggunakan sirup gula campuran kalau jumbrek saya menggunakan sirup gula siwalan merah,” tutur Mbak sulis, Sabtu (6/7/2019).

“Rasanya kenyal kenyal manis gurih, Dibungkus dengan daun lontar membuat bau sedap dan rasa menyatu. Ah Maknyus!!,” ujar Faris (16) salah seorang pembeli. [mas/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar