Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Jenuh Melakukan Aktivitas, Cobalah Self Care Sejenak

(Foto: Hassan OUAJBIR, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Padatnya aktivitas yang kita lakukan memang membantu lebih produktif, namun bukan berarti waktu dihabiskan dengan bekerja dan bekerja. Mulailah untuk memberikan ruang sendiri dalam memelihara diri dengan Self care

Faktanya, kegiatan ini ketika dilakukan secara rutin akan membuat kita merasa lebih baik dan bahagia bahkan kita akan lebih mudah melewati berbagai tantangan hidup secara fisik, mental, maupun emosional.

Seringkali, kita lupa melakukan self care karena sudah menghabiskan banyak waktu dan merasa hal itu perlu dilakukan dengan waktu yang cukup panjang. Nyatanya, self care bisa dilakukan sebentar, masalahnya kebanyakan dari mereka yang tidak mau untuk melakukannya. Jika dijelaskan lebih sederhana, self care adalah kegiatan yang bisa menambah dan meningkatkan energi dalam dirimu yang dapat berfungsi dengan baik secara fisik dan mental.

Coba perhatikan ketika kita melakukan self care dengan baik, maka hal ini akan meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan diri. Pasalnya, self care adalah bagian dari self-love sehingga memiliki keterkaitan dengan apa yang dikonsumsi sehari-hari dan respon yang kita lakukan sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Walaupun terkesan sepele, self care memang penting untuk dilakukan karena membantu kita lebih menghargai diri setelah berjam-jam berkegiatan. Mungkin ini dapat dijadikan sebagai bentuk apresiasi setelah melakukan segala aktivitas yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan diri sendiri. Bukan hanya itu, self care mampu mengurangi segala macam penyakit mental seperti depresi, stress atau kecemasan berlebih. Bahayanya jika hal ini dibiarkan akan mempercepat laju hidupmu bahkan berbahaya

Kata kunci penting untuk menemukan Self Care yang Sesuai Kebutuhan

Semua orang tentu memiliki cara self care yang berbeda. Ketika merasa kebingungan, kita bisa menemukan dengan menjawab pertanyaan -pertanyaan ini sehingga kita bisa mengetahui self care kita dalam mengembalikan energi yang sebelumnya terkuras habis:

Hal apa yang membuatmu merasa lebih baik dan lebih bersemangat?
Apa yang ingin kamu lebih sering kamu lakukan dan nantikan setiap hari?
Kamu tidak merasa bosan ketika melakukan hal itu dalam jangka yang lama?
Perasaan lelah tidak kamu rasakan ketika sedang melakukan hal itu. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar