Gaya Hidup

Jelang Imlek, Umat Thionghoa Kediri Bersihkan Patung Dewa

Kediri (beritajatim.com) – Menjelang tahun baru imlek umat Thionghoa di Kedirimulai bergotong royong membersihkan tempat ibadah. Dengan menggunakan air kembang, handuk, kuas dan kapas, puluhan umat Tionghoa di Klentheng Tjoe Hwie Kiong memandikan patung-patung.

Pembersihan dan persiapan klentheng ini dilakukan serentak di Indonesia. Bahkan, di dunia. Hal ini di yakini bahwa pada enam hari sebelum tahun baru imlek, para dewa naik ke Surga lapisan tertinggi untuk menghadap Tuhan.

“Tradisi memandikan patung dan sarana ibadah ini dilakukan satu tahun sekali, secara bersama. Sejumlah pengurus secara sukarela ini bergotong royong, menata dan menyucikan tempat ibadah, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi umat tionghoa dalam bersembahyang,” kata Halim Prayogo, Humas Klenteng.

Sementara itu, pembersihan ini akan berlangsung hingga hari menjelang tahun baru imlek. Sebelum dilakukan pembersihan pengurus yang di tunjuk terlebih dahulu, melakukan sembahyang dan berdoa pembersihan, sebagai wujud untuk membersihkan diri, sebelum membersihkan tempat ibadah.

Masih kata Halim, pada tahun ini panitia meniadakan pertunjukkan barongsai dalam perayaan puncak Imlek. Tujuannya agar tidak mengundang kerumunan yang dapat menyebabkan penyebaran COVID-19. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar