Gaya Hidup

Jelang Imlek, Klenteng KSB Tuban Bagi-bagi Beras untuk Warga

Perwakilan dari warga saat membawa beras untuk dibagikan kepada warga sekitar Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. [Foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Persiapan dalam rangka menyambut tahun baru Imlek yang ke 2572 di tengah-tengah Pandemi Covid-19 yang masih belum usai, pihak Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) yang berada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban melakukan kegiatan bagi-bagi beras, Senin (8/2/2021).

Pembagian beras menjelang Imlek itu diberikan kepada sejumlah warga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi yang tinggal di sekitar Klenteng Kwan Sing Bio Tuban itu. Dalam pergantian tahun Imlek kali ini, pihak klenteng tersebut tidak mengadakan acara perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya.

PantauanĀ beritajatim.comĀ di lapangan, pembagian beras itu secara simbolis dilakukan oleh pihak klenteng dan diserahkan kepada perwakilan dari Ketua RT yang ada di sekitar tempat ibadah itu. Total beras yang dibagikan tersebut sebanyak satu ton lebih untuk dan masing-masing RT mendapatkan sebanyak 10 zak beras atau 2,5 Kwintal.

“Memang untuk warga itu kan ada yang terdampak dari Covid ini kan agak sulit yang perekonomian. Maka kita ini dalam rangka menjelang Imlek kita membantu meringankan beban mereka,” terang Alim Sugiantoro, selaku Ketua Penilik Definitif Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Alim menjelaskan, jika bantuan beras untuk warga masyarakat sekitar klenteng tersebut adalah sebagai pengganti dari pembagian angpao yang biasanya dibagikan tiap tahun saat perayaan Imlek. Selain kepada warga masyarakat sekitar, pembagian beras itu juga dilakukan untuk para umat klenteng yang membutuhkan dengan cara diantarkan ke rumah-rumah.

Perwakilan dari warga saat membawa beras untuk dibagikan kepada warga sekitar Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. [Foto: M Muthohar]
“Biasanya kalau Imlek kan kita bagi-bagi angpao, tapi untuk saat ini kita bagi-bagi beras saja. Selain ke warga kita juga bagi-bagi untuk umat menjelang Imlek ini. Tapi kita bagikan ke rumah-rumah supaya tidak berkerumun di sini,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu penerima dari Ketua RT 4, Kelurahan Latsari, Kota Tuban yang mendapatkan bantuan beras tersebut mengaku berterima kepada pihak klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Pasalnya, di tengah-tengah pandemi seperti ini pihak kelenteng sendiri masih mau untuk berbagi dan meringankan beban warga yang ada di sekitar tempat ibadah tersebut.

“Ya kami terima kasih kepada pihak Klenteng Kwan Sing Bio yang sudah membantu warga sekitar. Harapannya semoga selalu rukun-rukun saja dan tidak ada masalah,” ungkap Devi, selaku Ketua RT 4, Kelurahan Latsari, Kota Tuban.[mut/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar