Gaya Hidup

Jatim Park Buka Lagi, Ada Aturan Ketat untuk Wisatawan

Pengunjung di Jatim Park 2 Kota Batu.

Malang (beritajatim.com) – Pada masa transisi New Normal Jatim Park 2 Kota Batu meliputi Secret Zoo dan Eco Green Park kembali memulai kegiatan pariwisatanya sejak Sabtu, (27/6/2020). Pemkot Batu menetapkan Jatim Park 2 sebagai wisata tangguh, pengelola pun menyiapkan sederet aturan ketat tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Manager Marketing and Public Relation Jatim Park Group, Titik Ariyanto mengatakan aturan protokol kesehatan dimulai sejak pembelian tiket. Penjualan tiket dilakukan secara online, kemudian ada form data diri yang wajib diisi meliputi nomor handphone, alamat asal, riwayat kesehatan kemudian disubmit dan dicek oleh petugas di pintu masuk.

Selanjutnya, wisatawan berlanjut ke pintu masuk. Sebelum memasuki pintu masuk wisatawan wajib dicek suhu tubuhnya dengan thermo scan suhu tubuh, kemudian membasuh tangan dengan handsanitizer atau cuci dengan air mengalir dan sabun. Di sudut-sudut wahana mereka menaruh wastafel maupun handsanitizer.

“Kalau semua lancar dan sehat saat mengisi form, mereka baru boleh berwisata di Jatim Park 2. Yang jelas kami akan minta isi form dulu, kalau mereka tidak mengisi online bisa manual nanti diserahkan ke petugas pintu masuk,” ujar Titik, Minggu, (28/6/2020).

Karena tidak diwajibkan membawa hasil rapid test, pengunjung wajib mengisi form dengan sebaik-baiknya. Seperti pernah sakit dengan gejala apa saja wajib di sebutkan. Kemudian pengelola juga menyiapkan ruang isolasi, wisatawan dengan suhu 37,5 derajat celcius akan dibawa ke ruang isolasi oleh tim Gugus Tugas yang disiagakan di Jatim Park 2.

“Kami juga siapkan ruang isolasi, namanya posko gugus tugas, ada tiga tempat tidur, kami juga sediakan sofa, snack dan minum agar rileks. Saat ini masih Jatim Park 2 dan Eco Green Park yang buka. Untuk yang lain kami masih evaluasi perkembangan seperti apa, kalau Pemkot Batu mengizinkan kami untuk buka, maka kami akan segera buka,” papar Titik.

Titik mengatakan, di awal-awal pembukaan wisata Jatim Park 2 memang tidak seramai dengan kondisi sebelum Pandemi Covid-19. Bila sebelum Pandemi Covid-19 untuk akhir pekan sekira 3 hingga 4 ribu di masa transisi new normal hanya berkisar ratusan saja. Meski begitu, pengelola juga melakukan wawancara secara acak dengan pengunjung beberapa diantaranya berasal dari Malang, Tulungagung, hingga Yogyakarta.

“Situasinya sangat berbeda ya, kelihatan sepi sekali dari yang dulunya sangat ramai. Tapi tidak apa ini adalah pembelajaran bagi kami, bagaimana karyawan dan pengunjung masuk ke sini mematuhi protokol yang kami jalankan. Itu yang penting jadi semua harus mengikuti protokol yang ditetapkan dan sepakati,” kata Titik.

Salah satu pengunjung di Jatim Park 2, Heramay mengaku tidak mempermasalahkan dengan protokol kesehatan Covid-19. Bahkan dia mengaku senang karena lebih aman dan nyaman dengan standar kesehatan yang dijalankan. Dia pun berlibur dengan suami dan anak menggunakan face shield atau pelindung wajah.

“Happy sih bosen di rumah, pengen wisata lihat hewan. Kita lebih nyaman gini sih (pakai face shield) lebih protek,” tandas Heramay. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar