Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Jangan Sembarangan, Kesalahan Menggunakan Smartphone Berdampak Pada Kesehatan

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Menggunakan ponsel sebenarnya tidak bisa sembarangan. Terutama perlu disadari jika smartphone itu barang elektronik, sehingga jika kalian letakan sembarangan bisa berdampak pada kesehatan. Atau saat menggunakan dengan tanpa memperhatikan cara, bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Penggunaan jangka panjang smartphone dengan tanpa memperhatikan kondisi tubuh akan mempengaruhi kondisi kesehatan kalian sehari-hari. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada produktivitas. Ketahui kesalahan berikut, dan hindari.

Tidur Bersama dengan Smartphone

Pertama, smartphone itu hakikatnya merupakan alat pemancar dan penerima gelombang radio setiap waktu. Meski belum ada penelitian secara detail dan serius, namun gelombang itu bisa mempengaruhi otak secara terus-menerus. Selain itu, notifikasi smartphone sebenarnya cukup mengganggu pada siklus tidur. Jadi sebisanya mungkin sebelum tidur sebaiknya jauhkan smartphone. Sebab jika terus bermain smartphone, kadang jadi susah tidur.

Menatap Layar Smartphone Terlalu Dekat

Terlalu sering menatap layar smartphone dari jarak dekat akan menyebabkan mata terpapar cahaya biru dari smartphone. Cahaya biru tersebut dapat hormon pengatur siklus tidur (melatonin). Bukan hanya menekan melatonin, terlalu sering terpapar cahaya biru layar

smartphone juga bisa membuat orang-orang sakit kepala dan terkena gangguan mata. Jarak normal yang baik saat menatap smartphone yaitu 2-3 meter, agar mata bisa mengatur kapan membuka dan kapan harus menutup.

Bersentuhan Langsung Dengan Kulit

Jika Transmisi sinyal smartphone sekitar 900 MHz maka bisa membuat smartphone cepat panas dan terserap dalam tubuh saat menyentuh kulit secara langsung. Oleh sebab itu, disarankan mengurangi intensitas menyentuh secara langsung seperti meletakkan smartphone di dalam tas atau menggunakan headset ketika panggilan masuk.

Postur yang Salah ketika Menatap Layar

Penggunaan smartphone secara berlebihan ternyata juga berakibat pada cedera pada ibu jari seperti tenosynovitis. Di samping itu, terlalu sering menekuk leher saat menatap layar ponsel dapat menimbulkan adanya masalah pada tulang bagian belakang.

 

Kesalahan dan kelalaian dalam penggunaan smartphone itu sebaiknya kalian hindari demi kesehatan jangka panjang. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar