Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Jangan Biasakan Minum Obat Pencahar, Ini Cara Ampuh Atasi Sembelit

Andrea, Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Susah buang air besar atau sembelit memang kerap menyiksa dan membuat Anda kurang nyaman menjalani aktivitas. Selain itu biasanya fases akan menjadi keras dan kaku ketika dikeluarkan. Untuk mengatasi kondisi ini orang-orang biasanya mengonsumsi obat pencahar. Padahal ada cara yang lain lho yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sembelit, berikut ulasannya:

 

Mengonsumsi serat yang cukup

Kekurangan serat merupakan penyebab umum sembelit. Serat adalah karbohidrat yang ditemukan dalam kacang-kacangan, sayuran, buah, biji-bijian, dan banyak lagi. Serat akan menambah jumlah besar pada tinja Anda dan membuatnya tetap bergerak melalui saluran pencernaan. Kebanyakan orang Amerika mengkonsumsi Recommended Daily Allowance (RDA) serat setiap hari. Minimal, pria harus mengonsumsi 30 hingga 38 gram serat per hari, sedangkan wanita harus mengonsumsi 25 gram serat setiap hari.

Menjaga asupan air putih

Asupan air putih yang kurang memadai dapat secara signifikan menyebabkan sembelit. Enam puluh persen tubuh Anda terdiri dari air, jadi hidrasi yang cukup sangat penting untuk kesehatan, kecantikan, dan usus Anda. Secara khusus, asupan air yang tidak memadai dapat mempersulit buang air besar dengan buang air besar yang keras, menyakitkan, dan kaku ucap Chelsey Amer, MS, RDN, CDN, ahli gizi, juru masak, serta fotografer makanan yang berbasis di Kota New York.

Berolahraga

Kebiasaan malas bergerak dan hanya tidur-tiduran seharian dapat meningkat seseorang terkena sembelit. Hal ini karena tidak banyak bergerak dapat menyebabkan perut yang tidak banyak bergerak juga. Sebaliknya, olahraga teratur membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap stabil.

Keseimbangan bakteri

Selain itu, kesehatan mikrobioma atau miliaran bakteri yang hidup di usus Anda juga berkontribusi pada risiko sembelit. Jika keseimbangan bakteri baik dengan bakteri jahat di usus Anda tidak seimbang, usus Anda mungkin akan bermasalah.

Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium bertindak seperti pencahar alami dengan menarik air ke dalam usus besar, yang merangsang transit usus di seluruh usus besar. Makanan yang disarankan saat Anda sedang sembelit yang juga merupakan sumber magnesium yakni sayuran berdaun gelap, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar