Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Jangan Asal Pilih, 6 Menu Ini Ternyata Tidak Cocok Untuk Sarapan!

Daria Shevtsova, pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum memulai aktivitas yang padat, saran merupakan hal yang penting untuk agar energi yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Selain itu, seseorang yang lebih dulu sarapan akan leih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Ketika bangun tidur, kondisi gula darah pada tubuh biasanya akan rendah, dengan sarapan, makan akan terbantu untuk mengisinya kembali sehingga otak dapat bekerja maksimal. Itulah mengapa kalian harus selalu menyempatkan sarapan.

Menu sarapan pun beragam, umumnya banyak orang yang lebih menggemari menu simple anti ribet. Seperti sereal, roti, pancake, atau makanan lain yang tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Namun tahukah kalian bahwa tidak semua makanan bisa dijadikan menu sarapan? Alih-alih membuat tubuh berenergi, makanan-makanan ini malah bisa menyebabkan masalah pada tubuh.

Penasaran makanan apa saja? Simak penjelasan berikut ya!

1. Sereal

Meski seringkali dipilih lantaran pembuatannya yang sederhana, ternyata sereal masuk dalam daftar makanan yang tidak disarankan untuk sarapan lho. Kalian pasti bertanya-tanya, mengingat sereal adalah sumber nutrisi yang baik dan mengandung vitamin A serta zat besi. Nyatanya, sebagian besar sereal merupakan makanan yang sangat diproses dan hanya mengandung biji-bijian yang tidak utuh. Bahkan biasanya, gula menjadi item pertama atau kedua dalam daftar ingredients. Nutrisinya pun ditambahkan secara artifisial dalam proses yang disebut fortifikasi.

Laporan pada 2011 yang dilakukan oleh Environmental Working Group (EWG) menemukan bahwa 1 cangkir porsi sereal kerap mengandung lebih banyak gula daripada 3 kue chocolate chips. Ini berdasarkan pemeriksaan terhadap beberapa sereal sarapan paling populer. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

2. Roti Panggang

Selain sereal, roti panggang juga biasanya selalu hadir dalam menu meja makan di pagi hari. Roti panggang dan margarin merupakan kombinasi yang simple namun tetap lezat dan mengenyangkan. Tetapi, ternyata roti panggang ini bisa dibilang tidak sehat dan sangat tidak disarankan untuk menjadi santapan sarapan.

Pertama, karena roti tinggi karbohidrat olahan dan rendah serat sehingga membuat kadar gula darah meningkat dengan sangat cepat. Yang mana akan menyebabkan rasa lapar melambung sehingga kalian akan makan lebih banyak di waktu berikutnya.

Kedua, karena sebagian besar margarin mengandung lemak trans yang merupakan jenis lemak paling tidak sehat. Lemak trans terbentuk melalui proses industri yang menambahkan hidrogen ke dalam minyak nabati sehingga minyak menjadi padat pada suhu ruangan. Dan lemak trans ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Jus Buah

Beberapa orang yang tidak suka makan di pagi hari biasanya mengakali dengan meminum minuman bergizi, salah satunya jus buah instan. Faktanya, beberapa jus buah yang di jual di pasaran hanya mengandung sedikit kandungan buah dan justru tinggi kandungan pemanis fruktosa. Berbeda saat kita mengonsumsi buah langsung yang masih kaya akan serat. Dalam kandungan jus buah, sudah tidak mengandung serat sehingga kandungan gulanya dapat diserap cepat oleh tubuh. Hasilnya, sarapan jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah. Alih-alih menjadi sehat, justru kalian akan merasa cepat lelah dan lapar.

4. Olahan nasi putih

Beberapa diantara kalian pasti sering sekali sarapan menggunakan olahan nasi putih, apalagi nasi goreng ditambah dengan telur mata sapi. Namun pernahkan kalian merasa cepat mengantuk atau lelah setelah sarapan dengan olahan nasi putih ini? Ternyata, walaupun kandungan karbohidrat di dalam nasi putih memang dibutuhkan tubuh, namun zat gigi tersebut tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Jenis karbohidrat yang ada di dalam nasi putih adalah karbohidrat simpleks. Saat masuk dalam tubuh, karbohidrat simpleks akan dicerna dan diubah menjadi pasokan energi. Sayangnya tumpukan energi ini cepat meroket namun cepat juga merosot. Tak heran bila beberapa jam setelah makan nasi putih dengan porsi banyak, itulah yang menyebabkan seseorang akan merasa lemas dan mudah mengantuk.

5. Yogurt

Yogurt memang terkenal sebagai sumber protein dan probiotik yang baik, namun jangan lupakan kandungan gula tambahannya yang tinggi ya. Karena inilah yang menjadikannya sebagai pilihan yang kurang sehat jika dikonsumsi saat sarapan setiap hari. Terlebih lagi, beberapa jenis yogurt juga telah menghilangkan sebagian besar atau semua kandungan lemaknya. Tidak heran, jika makanan ini tidak memberikan efek kenyang yang cukup saat dikonsumsi.

6. Kopi

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan kiasan memulai hari dengan kopi, dan itu benar-benar dilakukan oleh sebagian besar orang dengan anggapan agar mata lebih segar dan tidak mengantuk. Hal ini sebenarnya tidak masalah asalkan kalian tetap mengonsumsi makanan bergizi untuk sarapan. Penuhi asupan tubuh seperti karbohidrat, protein, serat dan berbagai vitamin, barulah kalian bisa mengonsumsi kopi.

Mulai sekarang, coba perhatikan lagi menu sarapan kalian agar gizi pada tubuh seimbang, beraktivitas pun maksimal. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar