Gaya Hidup

Jalur Pendakian Cemoro Sewu Magetan Bakal Dibuka Uji Coba 11 September 2021

Jalur pendakian Cemoro Sewu bakal dibuka untuk pendaki meski terbatas karena masuk masa uji coba.

Magetan (beritajatim.com) – Jalur pendakian Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan bakal dibuka mulai Sabtu (11/9/2021). Jalur muncak ke Gunung Lawu itu dibuka berdasarkan pertimbangan masuknya Kabupaten Magetan ke Level 3 sesuai hasil asessment kementerian kesehatan yang dirilis 9 September 2021.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan telah merilis surat edaran terkait dibukanya jalur pendakian Cemoro Sewu meski dalam masa uji coba. Terhitung ada lima ketentuan untuk para pendaki sebelum muncak via Jalur Cemoro Sewu.

Pertama, kegiatan pendakian dapat dilakukan baik secara individu maupun kelompok kecil, tidak melibatkan kontak fisik dengan orang lain dan tidak secara rutin memerlukan interaksi individu dalam jarak dekat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kedua, fasilitas pendakian dibuka dengan jumlah pengunjung sebanyak 25 persen  dari kapasitas maksimal. Ketiga, wajib menyediakan tempat cuci tangan dan/atau hand sanitizer.

Keempat, Pengecekan suhu dilakukan kepada setiap pengunjung. Serta pengunjung tidak dizinkan berkumpul sebelum maupun sesudah melakukan pendakian dan harus tetap menjaga jarak.

Jalur pendakian Cemoro Sewu bakal dibuka untuk pendaki meski terbatas karena masuk masa uji coba.

‘’Karena masuknya dalam wisata minat khusus, sekaligus juga masuk sebagai sarana olahraga, dan kegiatannya pasti outdoor, maka kami pertimbangkan untuk jalur pendakian sudah dibuka,’’ terang Eka Raditya Kabid Pengelolaan Pariwisata Disparbud Magetan, Jumat (10/9/2021)

Dia mengharap aturan terkait pembukaan jalur pendakian tetap dipatuhi. Sekaligus, kerumunan para pendaki tidak boleh terjadi. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar