Gaya Hidup

Jaket Ini Bisa Buat Tampilan Lebih Fashionable

(Foto: Miriam Alonso, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jaket merupakan pilihan item yang tepat dikala cuaca dingin melanda. Jaket sendiri merupakan outwear atau luaran yang digunakan sebagai tambahan untuk melindungi tubuh. Selain digunakan saat dingin, jaket juga berfungsi untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa menyengat kulit.

Model-model jaket pun sangat beragam. Tidak hanya berguna untuk melindungi tubuh, tapi juga membuat gaya fashion kalian terlihat lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa model jaket yang bisa menjadi pilihan kalian.

1. Jaket Bomber

Jaket yang satu ini memang sudah populer dari dulu. Modelnya unisex, di mana baik perempuan ataupun laki-laki cocok menggunakannya. Sedikit informasi, jaket bomber awalnya digunakan oleh tentara Kavaleri Hongoria dalam Perang Saudara Amerika. Mereka memfungsikan jaket bomber untuk melindungi diri dengan berkamuflase. Kini, bomber adalah jaket yang bisa membuat kalian fashionable, bentuknya yang sedikit mengembung akan cocok bila dipadukan dengan skinny jeans atau legging.

2. Jaket Jeans

Baik pria atau wanita, baik remaja maupun orang dewasa, seperti hampir semuanya memiliki paling tidak satu jaket jeans di lemari mereka. Modelnya yang beragam, membuat jaket ini menjadi pilihan banyak orang, karena simple dan mudah dipadukan dengan pakaian apapun. Apalagi bagi yang menyukai gaya casual. Jaket ini bisa digunakan dalam cuaca apapun, namun kurang berfungsi dengan baik saat cuaca dingin, karena biasanya, akan menambah hawa dingin saat berada dalam jaket jeans.

Informasi tambahan, hadirnya jaket denim adalah sebagai revolusi oleh pemberontak di tahun 50-an dan dipakai oleh militer AS. Lalu pada tahun 60-an, jaket jeans populer di kalangan hippies dan merambat ke kaum punk di tahun 70-an. Setelahnya, demam jeans ini mulai merebak setelah banyak digunakan oleh tokoh terkenal, seperti Elvis Presley dan Marilyn Monroe. Hingga kimi, jaket jeans dianggap sebagai salah satu fashion item yang tidak akan mati.

3. Jaket Hoodie

Hoodie juga belakangan ini menjadi item fashion yang sangat populer. Jaket dengan tudung kepala ini bisa membuat kalian terlihat sporty. Bahannya yang ringan dan nyaman membuat hoodie cocok dikenakan saat sedang bersantai dan berolahraga, atau bisa juga digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Produk pertama hoodie adalah pada tahun 1919, diluncurkan oleh Knickerbocker Knitting Company sebagai produk Champions.

4. Jaket Parka

Jaket parka ini akan membuat tampilan kalian lebih stylish, modelnya umumnya lebih panjang dari jaket lain. Bahannya pun bermacam-macam, ada yang dsri katun, kanvas, atau parasut. Biasanya parka dengan bahan parasut cocok digunakan saat hujan. Jaket parka ini juga banyak digunakan oleh para pengendars motor.

Kanada adalah kota pertama kali yang memproduksi parka menggunakan bahan segel. Caribou Inuit, kelompok Inuit pedalaman, lalu datang dan memilih parka sebagai pelindung dari dingin dan basah saat sedang berburu. Pada 1900-an jaket jenis ini pun menarik perhatian dunia dan berubah menjadi tren.

5. Jaket Kulit

Siapa yang menyukai tampilan edgy? Maka pastikan kalau kalian sudah memiliki jaket kulit. Tak hanya dipakai pria, jaket ini juga sangat stylish saat digunakan oleh wanita. Modelnya klasik, membuatnya cocok dipadukan dengan pakaian apapun, dan bisa digunakan saat acara casual atau formal. Seperti dengan jeans, celana pendek, atau bahkan dress. Pada mulanya, jaket ini dipakai oleh pilot Jerman selama Perang Dunia I.

Lalu berubah menjadi jaket motor setelah desainer Irving Schott merubahnya, dahulu jaket kulit hanya ditemukan didistributor Harley-Davidson. Sampai akhirnya berubah menjadi jaket yang bisa digunakan oleh segala gender, keberadaannya juga semakin meluas. Sama seperti jaket jeans, eksistensi jaket kulit sepertinya tidak akan pernah mati.

6. Jaket Varsity

Biasa disebut juga dengan jaket baseball, jaket ini juga sempat populer di kalangan remaja. Bahannya yang nyaman, ditambah modelnya yang membuat kalian terlihat casual dan sporty di waktu yang bersamaan. Selain itu jaket varsity ini juga banyak digunakan sebagai jaket komunitas dengan desain model custom. Beberapa bahan jaket ini cukup tebal dan cocok di cuaca dingin, namun tidak membuat gerah di kala panas.

Meskipun menambah kesan stylish, jaket-jaket di atas juga memiliki fungsi yang berguna di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini. Jenis apa yang sudah kalian miliki? (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar