Gaya Hidup

Jaga Imun Tubuh di Saat New Normal dengan Menu Sup Ayam Kampung Temulawak

Surabaya (beritajatim.com) – Masa transisi new normal, tubuh harus lebih bisa beradaptasi, terutama soal imun. Hal ini juga mempengaruhi makanan apa yang bisa dikonsumsi untuk tubuh, gizi yang tepat dan menerapkan pola hidup sehat dengan berolah raga.

Dolimin Barmawie, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya membuat menu penambah imun tubuh dengan rempah tradisional yang dinamainya sup ayam kampung temulawak. “Empon-empon memang berkhasiat sebagai penambah imun tubuh, jika biasanya menjadi sajian minuman kali ini diolah menjadi sajian sup segar yang kaya manfaat,” ungkap Domilin, Minggu (21/6/2020).

Menu ini bermacam sayuran seperti kentang, wortel dan daun bawang, hidangan pembuka ini memiliki rasa gurih nan segar.

Citarasa khas tersebut dihasilkan dari beberapa bahan tradisional seperti jahe, kunyit dan temulawak. “Bahan tradisional ini memiliki citarasa khas masing-masing dengan rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Surabaya yaitu asin, gurih dan segar,” jelasnya.

Dolimin menyebut, sop ayam kampung temulawak merupakan sajian hangat yang menggabungkan bahan segar. Termasuk ayam kampung. “Alasan memilih ayam kampung karena daging yang banyak dan mudah meresap, tidak hanya itu ayam kampung memiliki kandungan gizi yang baik dibanding ayam jenis lain,” lanjut Dolimin.

Dalam pembuatannya, mula-mula sayur dimasukkan dalam air mendidih dengan bumbu rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit yang sudah halus. Selanjutnya ayam kampung yang sudah masak dicampur menjadi satu. “Jika ayam kampung sudah empuk, bermacam empon-empon seperti serai, jahe, kunyit dan temulawak dimasukkan hingga beraroma,” jelas Dolimin.

Jika semua bahan matang sempurna, sop ayam kampung temulawak siap dihidangkan saat hangat dengan tambahan daun seledri.[way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar