Gaya Hidup

Jaga Ekosistem Alam, Burung dan Ikan Dilepas Relawan ISM Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Ratusan burung perkutut dan merpati dilepas bebas oleh puluhan relawan Integritas Sukarelawan Mojokerto (ISM) di persawahan Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Selain burung, mereka juga melepas 1.000 benih bibit ikan di sungai Desa Lebaksono.

Kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Burung dan bibit ikan tersebut dibawa para relawan dan dilepas bebaskan bersama-sama dengan tujuan menjaga ekosistem alam agar burung dan ikan tidak punah. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Relawan ISM Agus Wahyu Cahyono.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional dengan sasaran kita menjaga ekosistem agar tidak punah. Yakni dengan cara melepaskan ratusan ekor burung perkutut, merpati dan jenis lain. Kita juga melepaskan, 1.000 benih ikan di sungai tujuannya menjaga ekosistem,” ungkapnya, Jumat (4/6/2021).

Agus menjelaskan, burung dan ikan tersebut diperoleh dari anggota relawan ISM sendiri. Setiap relawan ISM membawa dua, tiga ekor burung maupun ikan jenisnya sesuai dengan spesies yang ada di sungai untuk dilepaskan bersama-sama. Tujuannya untuk menjaga ekosistem.

“Kita menjaga alam maka alam menjaga kita. Burung dan ikan ini dari relawan sendiri, masing-masing membawa satu, dua burung dan ikan jenis sesuai spesies yang ada di sungai. Kedepannya, nanti kita upayakan untuk mengadakan Suaka Sungai, dengan begitu nanti kelestarian ekosistem yang ada di sungai akan terjaga,” katanya.

Pihaknya berharap instansi terkait bisa membuat peraturan untuk perlindungan sungai dan alam sehingga ekosistem yang ada di sungai dan alam bisa terjaga. Relawan ISM sendiri merupakan relawan yang organisasinya bersifat sosial, seperti terlibat dalam bencana alam dan kecelakaan. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar