Gaya Hidup

Jadwal Imsakiyah Selama Ramadan 1442 Hijriah di Bojonegoro dan Sekitarnya

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro telah menyebarkan informasi mengenai jadwal imsakiyah puasa Ramadan 1442 Hijriah/2021 di wilayah setempat. Bulan Suci Ramadan ini tentu sudah ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa puasa pertama jatuh pada Selasa 13 April 2021. Penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriah merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Senin (12/4/2021) sore.

Di hari pertama, umat Islam mulai melakukan salat tarawih dan sahur. Makan sahur memang tidak wajib bagi yang akan menjalankan puasa Ramadan. Namun, tidak lengkap jika tidak melakukannya. Makan sahur dilakukan sebelum memasuki jadwal salat subuh.

Menurut Ketua Prodi PAI Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Bojonegoro Su’udin Aziz, makan sahur ini memang hukumnya tidak wajib. Namun, dia menyarankan kepada setiap muslim yang akan menjalankan puasa Ramadan agar tetap sahur untuk mendapat keridhaan dan kesempurnaan puasa.

“Sahur adalah perilakau para Nabi dan Rasul. Dalam sahur ada keberkahan. Sahurlah maka Allah SWT akan ridha pada setiap muslim yang menjalankannya,” ujarnya.

Sementara diketahui, untuk jadwal Imsakiyah untuk hari ini, Selasa 13 April 2021 ini diketahui, buka puasa atau salat Magrib pukul 17.34 WIB. Sedangkan untuk jadwal imsak pada pukul 04.08 WIB. Lebih lengkapnya, berikut jadwal imsakiyah puasa Ramadan 1442 hijriah yang dikeluarkan oleh Kemenag Kabupaten Bojonegoro. [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar