Gaya Hidup

iPhone 13, Galaxy S22, dan Deretan Smartphone Terbaik Akhir Tahun Ini.

(Foto: Obi Onyeador, Unsplash)

 

Surabaya (beritajatim.com) – Jika anda adalah Gadget Enthusiast, maka mulailah siapkan isi dompet anda. Karena sebentar lagi vendor-vendor besar pabrikan smartphone seperti Apple, Samsung, Google, bahkan Microsoft akan mengeluarkan produk terbaik mereka.

Bagi anda yang sangat tertarik dengan perkembangan teknologi tetapi bukan sultan, mari bersama-sama menguatkan mental. Karena sepeda motor beat anda mungkin tak akan cukup untuk ditukar dengan salah satunya. Sudah banyam rumor beredar mengenai apa saja pembaharuan dari brand-brand besar tersebut di smartphone terbaik mereka.

Ada yang fokus pada peningkatan kamera, penyempurnaan performa dan user interface, juga ide-ide baru yang mungkin akan menjadi dasar bagaimana smartphone di masa depan akan diproduksi. Mari kita simak bersama informasi mengenai beberapa perangkat di bawah ini.

Apple iPhone 13

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kita mungkin melihat bagaimana Apple akan merilis line up produk mereka secara besar-besaran. Seperti halnya iPhone 12 yang rilis dalam beberapa model sekaligus dari yang standad, Pro, sampai mini.

Selain notch atau poni yang mengecil, ragam warna baru, dan touch Id yang terintegeasi di layar, mungkin kita tak akan menemukan banyak perubahan dari segi fisik di iPhone 13 nanti. Namun, disisi kamera dikabarkan akan mendapat perbaikan yang cukup besar. Terutama sistem zoom dan mode malam di kemara wide-angle.

Begitu pula di kualitas videonya. Video dengan mode Portrait yang memveri efek blur pada background, tentu akan mendapat peningkatan kualitas. Begitu juga resolusi video yang lebih besar dengan filter warna yang akan memberi banyak opsi, sehingga kita bisa menentukan seperti apa warna di video yang kita ambil nanti.

Dan tentu saja, iPhone 13 akan dibekali iOS 15 final edition, tanpa harus melalui versi beta.

Google Pixel 6

Pixel 6 akan jadi smartphone pertama yang menggunakan os Android 12. OS terbaru dari Google ini akan membawa bahasa design baru bernama Material You. Di Android 12, anda akan diberikan keleluasaan untuk mengatur tema smartphone anda. Akan hadir opsi untuk mengganti seluruh interface sesuai dengan warna dominan dari gambar yang anda jadikan wallpaper.

Namun, perubahan terbesarnya bukan di situ. Google akan menggunakan Tensor bikinan mereka sendiri, setelah selama ini menggunakan buatan Qualcomm. Dengan tensor baru ini, anda bisa mendeteksi kalimat, melakukan live translation, serta peningkatan fitur photografi.

Upgrade kamera juga menjadi salah satu fokus Google di seri Pixel 6 ini. Mereka membekalinya dengan sensor kamera yang bisa menangkap cahaya 150% lebih banyak. Artinya, akan ada peningkatan foto low-light yang cukup besar.

Biasanya seri Pixel selalu hadir dengan versi standad dan versi XL tetapi, kali ini mereka mengubahnya ke versi Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Dimana versi Pro akan mendapat tambahan fitur optical zoom sampai 4 kali.

Samsung Galaxy S22 Ultra

Rumor mengenai lini produk terbaru Samsung memang terus berhembus dan membanjiri kita. Namun, sebagian besar rumor tersebut berkutat pada dua smartphoe lipat mereka Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Dua smartphone futuristik dan telah banyak di review di You Tube.

Tidak banyak yang membicarakan tentang calon penerus flagship mereka Galaxy S22 Ultra. Dari sedikit rumor yang beredar, S22 kemungkinan besar juga akan melakukan pembaharuan signifikan di lini kamera mereka, sepeti iPhone 13 juga Pixel 6.

Di akun sosial media mereka, Samsung membocorkan bahwa mereka sedang mengerjakan sensor kamera baru dengan 200 megapixel image sensor. Itu adalah resolusi terbesarn yang bisa kita temukan di smartphone untuk saat ini. Peningkatan sensor zoom kamera dari 30x dan 100x seperti yang ada di Galaxy S21 Ultra kemungkinan juga akan terjadi.

Namun, Galaxy S22 Ultra kalau jadi dirilis, kemungkinan besar baru di awal tahun 2022, antara bulan Februari atau Maret.

Microsoft Surface Duo 2

Bentuknya unik, sedikit berbeda dengan Galaxy Z Fold. Device ini didukung dengan hardware yang gahar, tetapi dibekali software canggung karena tidak menggunakan android, maupun iOS. Aplikasi yang bisa berjalan di dua layar pun masih sangat terbatas.

Meski begitu, bocoran dari Microsoft, Surface Duo akan menggunakan triple rear camera dan spesifikasi internal yang lebih jauh meninggkat dari pendahulunya. Ia juga akan dibekali kemampuan menangkap sinyal 5G. Penyempurnaan di sisi photografi dan kecepatan pengolahan data akan menjadi fokus utama mereka di smartphone unik ini.(tur/bjo)


Apa Reaksi Anda?

Komentar