Gaya Hidup

Kuliner Ramadan

Inilah Es Permen Karet Khas Surabaya yang Melegenda

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak pukul 16.00 WIB, warung di kawasan Gang Ampel Kembang, Surabaya cukup ramai oleh para pemburu takjil. Para pemburu takjil ini rela antre panjang untuk membeli es permen karet yang hanya buka menjelang berbuka di bulan Ramadan.

Diketahui, satu bungkus es permen karet ini dihargai Rp 4 ribu. Menariknya lagi, tempat yang dipakai wadah bukan plastik es, melainkan kantong kresek berwarna putih.

Menurut informasi, es permen karet ini sudah ada sejak 7 tahun lalu, diprakarsai oleh Pak Yit, sang Big Boss. Penjual es permen karet ini tinggal di kampung Botoputih.

Es unik ini hanya ada di bulan Ramadan. Untuk sekadar memberi semangat bagi pejuang puasa guna melegakan dahaga ketika tiba waktu berbuka. Area pedagang es permen karet ada di Ampel Kembang. Sehari-harinya, pemilik bisa menghabiskan sekitar 7 – 10 termos besar es permen karet.

Salah satu pelanggan adalah Raide, laki-laki berusia 12 tahun asal Kebon Dalem, Surabaya. Dia rela antre sejak pukul 16.30 WIB untuk mendapat dua kantong es permen karet. “Es permen karet ini enak dan cukup ramai dicari buat takjil kalo bulan puasa. Harganya murah, cuma 4000 rupiah satu kantong. Tapi ya harus antre seperti ini,” ucap Raide usai mengantre.

Bukan hanya es permen karet yang melegenda jajanan di kawasan Ampel ini. Roti mariam, martabak mie bihun juga paling dicari para pecinta kuliner Surabaya dan sekitarnya. [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar