Gaya Hidup

Ini Pemenang Lelang Bandeng Kawak Bergincu di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Penimbangan bandeng kawak di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo yang akan dilelang dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 160 dimenangkan oleh Sutriman petani tambak (petambak) asal Kecamatan, Jabon.

Bandeng yang berusia 8 tahun dengan memiliki berat 6.72 Kg dan panjang 88 cm tersebut mengalahkan tiga peserta lainnya yang ikut kontes di Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sidoarjo, Kamis (28/2/2019).

Untuk juara 2, bandeng kawak milik H.Sanaji dengan berat bandeng 6.52 Kg usia bandeng 8 tahun, juara 3 bandeng kawak milik H. Ilyas dengan berat 6.23 Kg, dan 4 bandeng kawak milik H. Mustofa yang mempunyai berat 5.6 Kg.

Petugas dinas menunjukkan bandeng kawak yang sudah menjalaninproses penimbangan yang dilakukan oleh panitia

Dikatakan Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Saifuddin yang menyaksikan jalannya penimbangan bandeng kawak, dilanjutkan lelang bandeng nanti malam, merupaka tradisi Sidoarjo dan terus akan dilestarikan.

“Bandeng kawak yang ikut kontes akan dilelang di Alun-alun Sidoarjo nanti malam dan hasilnya diperuntukkan kegiatan sosial. Lelang bandeng juga merupakan ikon Sidoarjo. Lelang bandeng kawak ini untuk menggairahkan petani tambak dalam budidaya bandeng,” katanya.

Nur Ahmad menjelaskan, dalam bandeng Sidoarjo memiliki ciri khas dibanding dengan bandeng daerah lain. Rata-rata bandeng Sidoarjo bibirnya merah seperti memakai lipstik dan tidak berbau tanah.

Deretan juara bandeng kawak yang disaksikan wabup sidoarjo dan orang dinas kelautan dan perikanan

“Daerah lain tidak ada bandeng yang berlipstik. Bandeng Sidoarjo cantik nan mempesona sehingga orang luar Sidoarjo lebih suka bandeng Sidoarjo,” tandasnya menambahkan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, H M Sholeh yang didampingi oleh Sekretarisnya H. Bahruni Aryawan menyataka, tujuan kegiatan lelang bandeng ini untuk memotivasi pembudidaya bandeng kawak mengingat potensi budidaya perikanan di Kabupaten Sidoarjo sangat besar,
“Setiap diikuti oleh lebih dari empat bandeng kawak,” sebut dia.

Lanjut Sholeh, dipilihnya 4 bandeng sebagai peserta lelang bandeng kawak tradisional tahun 2019 ini telah melalui survei. “Empat bandeng tersebut telah memenuhi syarat sesuai dengan kreteria yang ditetapkan panitia,” pungkasnya. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar