Gaya Hidup

Haji Satuman Asal Tulangan

Ini Juragan Bakso Asal Sidoarjo yang Viral

Sidoarjo (beritajatim.com) – Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan video viral satu keluarga yang menyebar duit berbagai pecahan dari atap rumahnya.

Ternyata penyebar duit itu H Satuman pengusaha Bakso asal Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan. Aksi bagi-bagi duit dari atap diakui sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas keberhasilan dan kesuksesannya.

Dalam pembagian itu, pengusaha bakso ini membagikan uang pecahan Rp 2.000 sampai Rp 50.000. Uang itu disebar bersama keluarga besarnya lewat atap rumah yang baru selesai dibangunnya.
Warga didepan rumahnya pun berebutan uang yang disebar dari atas itu.

“Saya sebenarnya bukan ingin terkenal karena video bagi-bagi uang yang diunggah seseorang itu menjadi viral di media sosial (Medsos). Tapi saya hanya ingin berbagi rezeki kepada orang lain,” kata Satuman Minggu (6/1/2019).

Satuman menceritakan sejak kecil sebagai anak yatim. Dia mengaku tak pernah mendapat uang saat ada orang yang menggelar tradisi udik-udikan atau hujan uang (membagikan uang). Dia menjadi yatim sejak usia 7 tahun.

“Nah setiap ada pembagian sodaqoh uang saya tidak kebagian. Karena itu saya menangis. Tapi dalam hati, saya berdoa kelak jika dewasa dan mampu, akan membagikan uang tanpa pilih kasih,” imbuhnya.

Pembagian uang kali ini, sambung Satuman, sebagai rasa syukur karena anak ketiganya memasuki rumah barunya memiliki ide pembagian uang itu.

Meski sebenarnya keluarganya sudah sering memberikan bantuan kepada anak-anak di sekitar desa itu.

“Tradisi membagikan uang itu bukan karena keluarganya ingin terkenal hingga videonya viral di Medsos. Tak ada pihak keluarga yang mengetahuinya. Baru kemarin mengetahui kalau videonya viral,” pqpar dia.

Satuman menambahkan, sebenarnya bukan itu yang menjadi harapan keluarga. Keluarganya hanya bersedekah kepada orang lain dan ingin menyenangkan orang lain. “Saya senang, dan senang itu juga bisa dirasakan warga lainnya,” tutir dia.

Sementara itu, aksi bagi-bagi uang itu kata Satuman menyebarkan uang sekitar Rp 10 juta. Aksi itu dilakukan dirinya dan keluarganya pada 26 Desember 2018 lalu.

“Itu syukuran keluarga kami. Karena anak ketiga saya, Majid sudah bisa menempati rumah barunya akhir tahun 2018 kemarin. Yang penting keluarga kami ingin berbagi dan ikhlas membagikan uang itu dan bukan niatan riya atau pamer. Murni ingin berbagi sesama secara meriah seperti adat-adat dimasa kecil dulu,” tutip Satuman. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar