Gaya Hidup

Ingin Sensasi Cafe Berbeda? Ini Goa Sukarno

Sumenep (beritajatim.com) – Trend nongkrong di cafe, sekedar ngobrol ringan atau bahkan diskusi berat, nyaris lazim dilakukan kalangan millenial.

Cafe mendadak melesat pesat sebagai tempat favorit pertemuan santai. Tidak hanya bagi sejoli ABG yang tengah mabuk kepayang, tetapi juga ‘gank’ emak-emak dan bapak-bapak yang merasa setidaknya kebutuhan ‘membeli suasana’ nyaman terpenuhi.

Karena itulah, cafe dengan singkat tumbuh bak jamur di musim hujan. Cafe tidak lagi monopoli kota besar. Kota kecil pun sekarang mulai diserang ‘demam’ cafe.

Pengunjung cafe tinggal menyesuaikan dengan keinginan, akan duduk berjam-jam di cafe mana? Apakah cafe dengan nuansa romantis, klasik, jadul, minimalis, atau seperti apa?

Bagi yang hobi menjelajah dari satu cafe ke cafe lainnya, rasanya mencoba cafe yang satu ini cukup menarik. Cafe Goa Sukarno, di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep.

Seperti namanya, cafe ini memang berada di dalam goa. Tapi jangan berpikir kalau suasana di cafe ini gelap, pengap, dan membuat sesak nafas. Sama sekali tidak. Cafe di dalam goa ini justru terang benderang, beratap langit. Dinding cafe masih bebatuan asli goa. Stalagtit dan stalagmit menjadi pemandangan alami di hadapan cafe ini. Pengunjung bisa memilih, duduk di kursi di lantai bawah, atau di deretan kursi di atas.

Memang tidak seperti cafe biasa, tempat duduk cafe di dalam goa ini bertingkat mengikuti patahan bebatuan alam. Tapi jangan khawatir, nongkrong di cafe ini tetap aman.

Seperti layaknya cafe, meski berada di dalam goa, namun hiburan ‘live music’ tetap tersaji bagi para pengunjung. Diisi anak-anak muda kreatif desa itu, alunan alat musik dan suara vokalis dijamin membuat ‘adem’ kuping. Pengunjung pun boleh ‘request’ lagu, atau bahkan menyanyikan sendiri lagu sesuai keinginan hati.

Menu di cafe Goa Sukarno inipun tak jauh beda dengan cafe-cafe lain. Minuman mulai kopi, shake, frappe, dan makanan ringan seperti ‘french fries’, mie instan, serta camilan, menjadi suguhan yang bisa jadi pilihan.

Namun ada satu menu minuman yang ‘recomended’ di cafe ini. ‘Sukarnois Sparkling’. Nama yang dijadikan lebel memang sama dengan titel goa. ‘Sukarno’. Minuman mengandung soda ini berwarna merah muda cantik. Terlihat gemerlap seperti namanya.

“Kalau rasanya itu campuran manis dan asam. Karena minuman ini pakai jeruk, soda, juga ada sirup strawberry. Pokoknya rasanya seru lah di lidah,” tutur Lifa, salah satu karyawan cafe.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung cafenya bisa meningkat dua kali lipat saat akhir pekan maupun saat liburan. Sebagian besar pengunjung Goa Sukarno akan menyempatkan diri duduk di cafe, melepas lelah sambil memesan makanan ringan maupun minuman.

“Sebagian besar pengunjung bilangnya penasaran, seperti apa cafe di dalam goa. Banyak yang mikir, pasti pengap dan tidak enak. Ternyata justru sebaliknya. Mereka bilang, asyik ngafe disini. Suasananya asli alami,” ujarnya.

Salah satu pengunjung Cafe Goa Sukarno, Sinta Aprillia juga berujar serupa. Rasa penasarannya terjawab setelah menjajal nongkrong di cafe dalam goa itu, setelah puas menyusuri seluruh sudut Goa Sukarno.

“Gak kalah dengan cafe yang lain. Malah ‘ngafe’ disini ini sensasinya beda,” ucapnya sambil tersenyum. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar