Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Ingat 25 Juni, Pemkot Mojokerto Gelar Kirab Budaya Mojo Bangkit

Kirab Budaya Mojo Bangkit dalam rangkaian Hari Jadi Kota ke–104.

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Kirab Budaya Mojo Bangkit dalam rangkaian Hari Jadi Kota ke-104. Parade budaya ini akan digelar pada hari Sabtu (25/6/2022) dengan start Lapangan Raden Wijaya Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon dan finish di Pendopo Sabha Kridhatama Rumah Rakyat.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P&K) Kota Mojokerto, Mudjoko menjelaskan, berbagai macam seni budaya akan ditampilkan dalam Kirab Budaya Mojo Bangkit. Diantaranya karawitan, tarian-tarian tradisional, barongsai, bantengan, reog ponorogo, hingga gunungan serabi dan onde-onde.

“Rute Kirab Budaya Mojo Bangkit ini akan dimulai dari Lapangan Raden Wijaya Surodinawan – Jalan Raya Surodinawan – Jalan Tribuana Tungga Dewi – Jalan Brawijaya – Jalan Hayam Wuruk dan berakhir di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat,” ungkapnya, Kamis (23/6/2022).

Kirab Budaya Mojo Bangkit akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dengan agenda Pra Kirab, Kirab Majapahitan, Kirab Kadipaten Japan, Kirab Era Penjajahan dan Perjuangan Kemerdekaan, serta Kirab Seni Budaya. Kirab Budaya Mojo Bangkit tersebut sebagai ilustrasi bangkitnya masyarakat Kota Mojokerto.

“Baik secara fisik dan non fisik, bangkit membangun jiwanya, bangkit membangun budayanya, bangkit membangun tata kehidupannya, berlandaskan jargon yang selalu digelorakan oleh Ibu Wali Kota, yakni Spirit Of Mojopahit,” jelasnya.

Selain penampilan tari-tarian tradisional, Kirab Budaya Mojo Bangkit juga akan dimeriahkan Kereta Kencana Tribuana Tungga Dewi dan Dyah Kertawardhana, Kereta Kencana Dyah Wiyat dan Dyah Kudamerta, Kereta Kencana Putra-putri Keraton, hingga Pemuka Agama, Kasiwahan (Hindu), Kasogatan (Bante-Budha), serta prajurit tombak dan pedang yang akan berjalan sepanjang rute yang ditentukan.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengajak seluruh warga untuk hadir menyaksikan Kirab Budaya Mojo Bangkit. “Bagi seluruh warga Kota Mojokerto dan sekitarnya silahkan menonton, silahkan datang menyaksikan Kirab Budaya Mojo Bangkit,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kirab Budaya Mojo Bangkit sebelumnya pernah digelar Pemkot Mojokerto di tahun 2019 lalu. Namun akibat pandemi Covid-19, baru tahun 2022 ini parade budaya digelar kembali oleh Pemkot Mojokerto. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar