Gaya Hidup

Indahnya Bunga Celosia, Tarik Minat Wisatawan di Tempat Ini

Tuban (beritajatim.com) – Warna-warni keindahan dari Bunga Celosia yang berada di tempat wisata Angkringan Jambu Kristal yang berada di Dusun Simo, Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang sedang mencari tempat untuk berlibur di wilayah Tuban Bumi Wali.

Meskipun tempatnya jauh dari pusat Kota Tuban, setiap hari libur tempat wisata yang alam tersebut banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Selain bisa melihat keindahan Bunga Celosia, pengunjung juga bisa petik Jambu Kristal dan makan sepuasnya di tempat.

Keberadaan tempat wisata petik Jambu Kristal atau Angkringan Jambu Kristal tersebut sudah mulai dibuka sejak sekitar satu tahun terakhir. Namun untuk keindahan dari bunga Celosia itu baru bisa dinikmati oleh para wisatawan sekitar dua bulan terakhir.

“Bunga Celosia ini sebenarnya adalah tanaman yang cocok untuk wilayah dataran tinggi atau di kawasan dingin. Tapi ini menjadi unik, karena berhasil kami tanam di wilayah pesisir,” ujar Kusnadi (37), pemilik dari tempat wisata Angkringan Jambu Kristal tersebut, Minggu (24/3/2019).

Awalnya, ada keraguan dari pemilik tempat wisata tersebut untuk menanam Bunga Celosia di kawasan kebun jambu tersebut. Namun, setelah dilakukan uji coba ternyata bunga dengan keindahan warnanya itu bisa tumbuh dengan subur dan hasilnya memuaskan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung tempat wisata itu.

“Ternyata dengan keindahan bunga ini membuat banyak wisatawan yang menjadi penasaran, mungkin karena ini satu-satunya di Tuban. Ini juga bisa meningkatkan jumlah pengunjung terlebih di hari-hari libur seperti ini,” tambah Kusnadi.

Keindahan dari bunga berwarna kuning dan merah tersebut mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang berlibur di Angkringan Jambu Kristal tersebut hingga lebih dari 100 persen. Pada hari libur wisatawan yang berkunjung dan berlibur rata-rata mencapai 1.700 orang.

Sementara itu, Ratna Juwita Sari, salah satu pengunjung tempat wisata Jambu Kristal itu menyatakan bangga dengan keberadaan tempat wisata lokal yang susah mulai berkembang. Meskipun dikelola secara pribadi tempat wisata petik jambu tersebut sudah bisa berkembang dan mulai dikenal hingga luar Tuban.

“Tempat wisata ini sangat menarik, selain bisa makan jambu sepuasnya juga bisa foto-foto dengan bunga-bunga yang indah ini. Kita harus mensuport terus wisata lokal yang ada di Tuban, supaya desa-desa semakin maju,” ungkap Ratna Juwita Sari, salah satu tokoh perempuan di Tuban yang sering disapa dengan Iya Juwita itu. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar