Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Hindari Sebelum Menyesal, 3 Masalah Kecantikan Ini Akan Terjadi Jika Sering Begadang

lucas-pezeta, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Tak hanya berimbas buruk pada kesehatan, begadang juga ternyata tidak baik bagi kecantikan atau masalah kulit Anda. Berikut ini beberapa dampak negatif terkait kecantikan yang dapat terjadi jika Anda sering begadang:

 

Kulit tidak dapat beristirahat

Seperti dilansir dari laman Vogue, Senin (11/10/2021) direktur pendidikan global Dermalogica Annet King mengatakan, pada siang hari, kulit secara aktif melawan kotoran sambil mempertahankan dan menetralkan molekul yang tidak stabil. “Sedangkan pada malam hari, ia beralih dari mode perlindungan ke mode perbaikan,” ungkapnya.

Dengan kata lain, saat Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, tubuh Anda akan lebih bekerja keras. “Tidur adalah waktu tubuh untuk mengirim sel-sel segar ke epidermis, menggantikan sel-sel tua dan yang telah rusak,” jelas Dr. Harold Lancer, dari American Academy of Dermatology.

 

Muncul lingkaran hitam dan jerawat

Pada malam hari, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup untuk melakukan tugasnya dengan benar. Bahkan jika jam tidur Anda benar dalam satu malam saja, akan memberikan dampak langsung pada kulit. Misalnya seperti memperbaiki masalah kulit pucat dan kusam, lingkaran hitam pada bawah mata, hingga mengurangi jerawat.

“Kurang tidur menyebabkan stres, yang dapat memperburuk semua kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim, dan psoriasis,” kata ahli kecantikan selebriti dan perawatan kulit Renée Rouleau. Ia juga menyebutkan bahwa lingkaran hitam pada bawah mata merupakan darah stagnan di pembuluh yang belum terkuras dengan baik.

 

Penuaan dini

Semakin sedikit Anda tidur, semakin besar kemungkinan Anda mengalami penuaan dini. Anda mungkin pernah begadang sesekali, namun jika terus dilakukan akan berdampak serius pada kecantikan. kata Dr. Lancer. Ia juga menjelaskan bahwa keseringan begadang dapat mengakibatkan tubuh dan kulit lebih lambat untuk pulih dari stres lingkungan, fungsi penghalang kulit sangat terganggu, produksi kolagen melambat secara signifikan, dan penuaan kulit intrinsik meningkat. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar