Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Hidupkan Kembali Semangat Bung Karno Lewat Aksi Melukis Bareng

Sidoarjo (beritajatim.com) – Memperingati bulan Bung Karno, puluhan seniman lukis di Kabupaten Sidoarjo berkeskpresi dalam kegiatan gebyar jejak sang proklamator Bung Karno di bawah Monumen Jayandaru Alun-alun setempat, Sabtu (25/6/2022).

Aksi melukis bareng ini diinisiasi oleh para pemuda dari taruna merah putih DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo. Ada sekitar 50 pelukis yang berasal dari komunitas Seniman lukis Sidoarjo dan luar kota Sidoarjo. Mereka melukis wajah Bung Karno dengan berbagai pose. Pembina Taruna Merah Putih Sidoarjo Samsul Hadi mengatakan, bulan Juni menjadi momentum untuk kembali menghidupkan nilai nasionalisme dan semangat dari sosok pahlawan sang proklamator.

“Pada momentum bulan Bung Karno tahun ini kami coba menghidupkan kembali sejarah dan menyelami pemikiran beliau untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme lewat aksi melukis bareng jejak sang proklamator, yang melibatkan para seniman lukis,” ucapnya di sela-sela acara.

Pria yang akrap dipanggil Samhad itu menambahkan, dalam merefleksikan bulan kelahiran sang putra fajar, hal yang bisa dilakukan sesuai dengan passion diri untuk menghargai jasa para pahlawan Indonesia.

“Ini menjadi salah satu bentuk penghargaan kita pada Bung Karno yang telah berjuang untuk bangsa ini. Sebagai pemuda jangan sampai lupa atas perjuangan para pahlawan karena berkat perjuanganya bangsa kita menjadi bangsa yang merdeka,” tuturnya.

Menurut Samhad, hasil karya lukisan dari sekitar 50 seniman lukis ini, nantinya akan dipajang mengelilingi monumen jayandaru dan akan dilelang.

“Hari ini karya dari para pelukis, akan dipajang hingga sore, setelah itu kita cari 10 karya terbaik dengan melibatkan juri yang kompeten untuk selanjutnya pada malam harinya akan dilelang dengan mengundang Forkopimda kabupaten sidoarjo,” tandas pria yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo itu.

Melalui puluhan karya lukisan ini diharapkan nantinya sebagai generasi penerus bangsa diharapkan bisa meneladani perjuangan dan sikap nasionalis sang proklamator. “Ancaman berkurangnya rasa nasionalisme di kalangan millenial sudah didepan mata karena masuknya pengaruh budaya asing di era serba digital, oleh karena itu kami mengajak kembali mengingat sang proklamator untuk menumbuhkan rasa nasionalisme terutama pada generasi milenial,” paparnya.  [isa/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar