Gaya Hidup

Handphone Terendam Air? Lakukan Langkah-Langkah Ini

Vanderlei Longo, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini para produsen handphone pintar berlomba-lomba untuk jadi yang terdepan dari segi teknologi. Waterproof atau tahan air menjadi daya tarik tersendiri saat hendak membeli smartphone. Tapi, harga yang ditawarkan untuk handphone berteknologi ini pun cukup tinggi. Bagi kalian yang masih memakai handphone standar, atau sering disebut handphone kentang, santai saja.

Tenang dan jangan panik saat handphone kalian tidak sengaja tercebur air. Meski gawai kalian belum waterproof ada beberapa langkah dan cara menangani saat tak sengaja tercebur air.

Segera Angkat dari Air

Pertama yang harus kalian lakukan adalah sesegera mungkin untuk melakukan evakuasi gawai dari dalam air. Dengan cara ini, gawa masih mungkin diselamatkan. Jika terlalu lama di air dapat masuk dari celah-celah sempit seperti lubang charger, atau lubang headset. Jika terkena air saat di-charge, sebaiknya lepaskan dulu charger, kemudian ambil. Cara ini membuat kalian aman tidak tersetrum listrik dari charger.

 

Jangan nyalakan dulu untuk sementara waktu

Sabar dan tunggu untuk beberapa saat. Jangan langsung coba nyalakan handphone dalam keadaan basah karena dapat menimbulkan arus pendek. Selain itu, dapat merusak komponen yang ada di dalam. Hal tersebut akan memicu kerusakan lebih parah bahkan bisa berakibat handphone mati total.

 

Lepaskan SIM card, memory card, dan baterai

Pada gawai yang belum memakai baterai tanam, dahulukan untuk melepas baterai, kemudian SIM card, dan memory card. Tujuannya agar mencegah kerusakan lebih lanjut pada area tersebut. Selain itu, lepas casing atau cover handphone yang terpasang sehingga membantu mengeringkan handphone yang kalian punya.

Keringkan Handphone

Usai melepas komponen penting itu, langkah selanjutnya keringkan handphone. Kalian bisa menjemur handphone di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Mesti dipastikan dulu layar gawai membelakangi matahari, sebab layar bisa rusak bila terkena cahaya matahari secara langsung.

Mengubur ke beras

Ini cara yang sebenarnya banyak dianggap mitos. Tapi dalam suatu penelitian mengubur handphone ke beras ternyata berhasil. Caranya taruh bagian-bagian handphone di satu kantong plastik berisi beras. Agar lebih efektif dan mendapat hasil, lakukan setidaknya 2-3 hari.

Jangan Memakai Hair Dryer

Udara panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat merusak komponen-komponen di dalam handphone. Hair dryer akan menembakan uap panas yang bisa merusak komponen luar dan dalam handphone.

Itu dia beberapa cara saat handphone kalian tidak sengaja terkena air, atau masuk ke air. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar