Gaya Hidup

Gunung Bromo Pilihan Favorit Wisatawan Saat Libur Cuti Panjang

Wisatwan domestik menikmati pejarakan Gunung Bromo

Malang(beritajatim.com) – Wisata Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi favorit berlibur bagi wisatawan pada momen cuti panjang tahun ini. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mencatat tiket wisata ke tempat ini habis terjual.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengungkapkan, tiket habis terhitung sejak 28 Oktober hingga Sabtu, 31 Oktober 2020. Hanya pada Minggu, 1 November 2020 kuota tiket masih tersisa.

“Kuota sudah penuh, full booking sampai 31 Oktober 2020. Sudah dipesan sejak awal liburan panjang. Masih ada sisa slot kurang lebih sebanyak 265 orang pada Minggu, 1 November 2020,” ujar Sarif.

Penuhnya pemesanan tiket di Gunung Bromo selain faktor libur panjang juga karena Balai Besar TNBTS memberlakukan kuota jumlah kunjungan. Kuota dibatasi 40 persen dari kapasitas kunjungan pada hari normal. Pembatasan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kesepakatan bersama jumlah kunjungan memang dibatasi. Hanya 40 persen (1.265 orang) dari total kapasitas. Kami juga memberlakukan pembatasan kuota di titik-titik spot wisata. Seperti di site Penanjakan 250 orang, Site Bukit Kedaluh 129 orang, Site Bukit Cinta 42 orang, Site Mentigen 150 orang dan Site Savana Teletubies sebanyak 694 orang,” tandas Sarif.

Sementara itu, untuk meminimalisir kontak fisik, pembelian tiket dilakukan secara online atau booking online di situs milik Balai Besar TNBTS. Untuk berlibur ke Gunung Bromo Wisatawan tidak perlu rapid test, hanya cukup membawa surat keterangan bebas ISPA dari puskesmas.

Wisatawan juga diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Wisatawan wajib mematuhi 3 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Sebab, Balai Besar TNBTS tidak ingin terjadi klaster baru di kawasan ini. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar