Gaya Hidup

Gubuk Taqrib Akan Gelar Salat Khusuf Sebagai Pengingat saat Gerhana

Kegiatan mengaji di Pondok Pesantren Alternatif Gubuk Taqrib.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Banyak cara serta memaknai fenomena alam yang terjadi. Seperti halnya dalam menyikapi gerhana bulan total atau disebut dengan ‘Super Flower Blood Moon’ yang akan terjadi mulai pukul 18.09 WIB hingga 20.51 WIB, Rabu (26/5/2021).

Salah satunya yang akan dilakukan pondok pesantren alternatif Gubuk Taqrib di Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Jamaah pondok pesantren alternatif itu akan menggelar salat Sunnah khusuf sebagai bentuk refleksi bagi umat Islam.

Salah seorang Ustadz Pondok Pesantren Alternatif Gubuk Taqrib Su’udin Aziz mengatakan, sejak zaman dahulu umat Islam menyikapi fenomena alam seperti gerhana dengan melakukan salat khusuf. Hal itu dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bentuk pertobatan atas kesalahan dan dosa yang dilakukan.

“Kalau dulu, ketika terjadi gerhana baik rembulan maupun matahari, Simbah bisa sampai menangis sesenggukan karena mengibaratkan sebagai kiamat kecil. Sehingga menjadi momen refreksi dan bertobat,” ujarnya.

Salat gerhana atau yang dikenal dengan salat khusuf adalah salat sunnah yang didirikan saat ada fenomena alam berupa gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Untuk mendirikan salat gerhana dapat dilakukan mulai saat terjadinya gerhana hingga waktu akhir umbra.

Sebelumnya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Bojonegoro juga mengimbau kepada seluruh pengurus MWC NU dan Pengurus Ranting NU se-Cabang Bojonegoro bersama dengan masyarakat untuk menggelar salat gerhana, Rabu (26/5/2021).

Ketua PC NU Kabupaten Bojonegoro Kholid Ubed mengatakan, imbauan salat gerhana itu merujuk pada hisab Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Cabang Bojonegoro yang dipemaklumkan kepada masyarakat akan terjadi gerhana bulan total pada Rabu Pahing 26 Mei 2021.

“Pelaksanaan salat gerhana bulan (khusuf) bisa dilakukan setelah salat Magrib hingga waktu akhir umbra pukul 19.52 WIB di masing-masing jamaah,” ujarnya saat dihubungi reporter beritajatim.com. [lus/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar