Gaya Hidup

Festival Srikaya, Upaya Angkat Potensi Buah Lokal Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Para pegiat pariwisata yang tergabung dalam WAG Forum Pariwisata Sumenep, menggelar ‘Festival Srikaya’ di Lapangan Kerapan Sapi, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Minggu (24/03/2019).

“Festival ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap salah satu potensi Sumenep, yakni Srikaya. Buah lokal asli Sumenep ini layak menjadi kebanggaan. Even ini kami gelar secara ‘jung rojung’ atau gotong royong, tanpa dana APBD,” kata salah satu penggagas Festival Srikaya, Faid.

Menurutnya, apabila kota Batu dikenal dengan kota apel, maka tidak menutup kemungkinan, Sumenep dikenal sebagai kota Srikaya. Karena Sumenep punya daerah sentra Srikaya unggulan, yakni Kecamatan Bluto dan Saronggi.

“Festival Srikaya ini hanya sebagai stimulan awal untuk mengangkat potensi Sumenep. Tahun depan, festival ini akan digelar lagi dengan skala yang lebih besar. Kalau perlu, kita angkat srikaya Sumenep ini ke rekor nasional, atau bahkan internasional,” ucapnya.

Festival Srikaya tersebut diikuti puluhan pedagang srikaya dari Bluto dan Saronggi. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengikuti wisata petik buah srikaya langsung dari pohon.

Festival srikaya juga diisi dengan lomba adu cepat makan buah srikaya dan lomba srikaya terbesar. Tidak hanya itu, festival srikaya juga menampilkan aneka olahan makanan berbahan dasar srikaya. Kreatifitas itupun dilombakan, dengan mempertimbangkan rasa, keunikan, dan tampilan menu.

“Untuk semua teman-teman yang tergabung di Forum Pariwisata. Sumenep, jangan pernah kendor untuk membuat even-even yang mengangkat potensi Sumenep. Terima kasih untuk Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, serta berbagai pihak yang ikut mendukung kelancaran festival srikaya ini,” tuturnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar