Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Festival Soto Lamongan Disambut Penuh Antusias, 1.000 Porsi Ludes Kurang dari 1 Jam

Festival Soto Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Gelaran Senam Sehat dan Festival Soto Lamongan mendapat sambutan penuh antusias dari masyarakat. Tak kurang dari 1.000 porsi soto yang tersedia ludes dinikmati pengunjung hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Festival ini digelar di Pemerintah Kabupaten Lamongan di GOR Lamongan, Jumat (10/6/2022). Event ini diselenggarakan untuk melestarikan Soto Lamongan sebagai khazanah kuliner Nusantara yang telah mengantongi hak paten.

Bupati Lamongan, Yuhronur, berharap Soto Lamongan semakin populer. Tak hanya di Indonesia namun juga mendunia.

“Soto Lamongan telah menjadi kuliner yang melegenda, bahkan telah resmi menjadi makanan asli Lamongan setelah mendapat hak paten dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Mudah-mudahan kuliner Lamongan semakin berjaya dan Soto Lamongan akan menjadi duta kuliner di Indonesia maupun dunia,” tutur Yuhronur.

Dia menerangkan Soto Lamongan merupakan menu yang tidak pernah absen di setiap kegiatan yang digelar di lingkungan Pemkab Lamongan. Yuhronur pun bersemangat untuk mengenalkan kuliner khas Lamongan lebih luas lagi.

“Melalui berbagai event kuliner yang digelar, semoga berbagai jenis kuliner khas yang ada di Lamongan semakin dikenal lebih luas lagi,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Rubikah, menjelaskan 1.000 porsi Soto Lamongan yang disajikan ini menggandeng 10 Pedagang Kaki Lima (PKL). Masing-masing PKL itu menyediakan 100 porsi.

“Kami menyediakan 1.000 porsi soto yang bisa dinikmati masyarakat dengan menggandeng 10 PKL yang masing-masing PKL menyediakan 100 porsi soto,” tandasnya.

Seperti diketahui, Soto Lamongan merupakan kuliner asli Lamongan yang yang sangat populer di Indonesia. Soto ini memiliki keunikan tersendiri.

Dalam penyajiannya, Soto Lamongan dilengkapi dengan toping irisan ayam, jeroan serta kulit. Bedanya dengan kuliner sejenis dari daerah lain, Soto Lamongan ditaburi dengan koya.

Koya adalah remahan kerupuk udang dipadukan dengan bumbu khas. Bahan makanan ini membuat Soto Lamongan semakin gurih saat dinikmati, ditambah dengan kucuran jeruk nipis dan sambal. [riq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar