Gaya Hidup

Festival Sastra Sidoarjo Gagal Penuhi Target

Sidoarjo (beritajatim.com) – Festival Sastra Sidoarjo yang digelar sejak tanggal 1 – 31 Maret 2021 gagal memenuhi target. Target yang sebanyak 200 peserta, hingga hari ke-21 ini, baru tercapai 37 peserta.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Festival Sastra Sidoarjo, Ribut Wijoto, Minggu (21/3/2021). Ribut menduga, kegagalan target disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dan publikasi.

“Kita menargetkan 200 peserta. Gambaran kita, festival tidak hanya diikuti oleh sastrawan. Tetapi, festival diikuti oleh seniman dan masyarakat umum. Ternyata respon masyarakat kurang. Ini sepertinya karena kurang gencarnya sosialisasi dan publikasi. Sehingga masyarakat tidak tahu akan adanya Festival Sastra Sidoarjo,” kata Ribut.

Padahal, menurut Ribut, festival dimasudkan agar masyarakat semakin akrab dengan karya sastra. “Festival ini adalah salah satu wadah bagi ungkapan kreativitas warga dalam bentuk karya sastra. Ketika budaya instan dan budaya share-share tulisan orang lain kian mewabah, kita merangsang masyarakat untuk berkreativitas. Mengungkapkan perasaan, gagasan, dan pendapat pribadi melalui karya sastra. Sayangnya tujuan ini belum bisa tercapai,” katanya.

Ribut berharap, pada Festival Sastra Sidoarjo 2022 tahun depan, panitia memersiapkan diri dengan lebih matang. “Ya meskipun target gagal terpenuhi, mewakili seluruh panitia, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta yang telah mengirimkan videonya. Semoga karya dari teman-teman itu bisa memberi pencerahan kepada masyarakat. Amin,” kata Ribut.

Terkait format kegiatan untuk tahun depan, Ribut memastikan bahwa konsep yang diusung masih sama. “Festival ini memaksimalkan media audio visual. Pembacaan atau pentas karya sastra yang direkam dalam bentuk video. Publikasinya melalui media sosial. Pola kerja seperti ini sudah menjadi kehendak zaman. Kita tidak bisa hanya melulu tatap muka. Saya berharap, tahun depan, konsep dan pelaksanaan festival bisa disiapkan lebih matang. Agar target-targetnya tercapai,” katanya.

Sekadar diketahui, Festival Sastra Sidoarjo berlangsung sejak tanggal 1 Maret 2021 dan bakal berakhir tanggal 31 Maret 2021. Kegiatan ini merupakan kerja bareng antara Komite Sastra Dewan Kesenian Sidoarjo bersama beberapa Pekerja Kreatif Sidoarjo. Orang-orang yang masuk dalam Tim Kreatif Festival terdiri dari Muhammad Ridwan, Christian Didik Hernawan (Koordinator), Putra Wahyu Oktavianus, Rafif Amir, Rizka Amalia, dan Arsa Tidak K Daluarsa. [but]

Daftar Peserta Festival Sastra Sidoarjo:

1. Ali Aspandi, Ketua Umum Dekesda
2. Ajeng Nurmutiara Lintangsari, Penyair
3. MM Huda, Penyair
4. Adam Rusydi, Anggota DPRD Jatim
5. Kirana Kejora, Novelis

6. Filiya P. Al Fath, Sastrawan
7. Fathur Rahman, Penyair dan Dramawan
8. M. Anshor Sja’roni, Penyair dan Cerpenis
9. Maya Amelia Zahra, Penyair
10. Joko Riswan Sondy, Seniman Teater

11. M. Sodiqin, Sastrawan
12. Dian HP, Sastrawan
13. Djoko Widijanto, Sastrawan
14. Embunnajla Abidah Lasidi, Penyair Cilik
15. Bambang Hermutoko, Seniman

16. Taufik Hidayat, Ketua DKJT
17. Anis Firdausi, Sastrawan
18. Ayu Slamet Muji Rahayu, Yuk Muslimah Sidoarjo
19. Muhammad Ridwan, Sastrawan
20. Luna Syarafina, Yuk Muslimah Sidoarjo

21. Jefry Dio Firmansyah, Seniman
22. Sridaningsih, Sastrawan
23. Timur Budi Raja, Penyair
24. Dadang Ari Murtono, Sastrawan
25. Alfiano Nurudin Diov, Penyair Cilik

26. Tri Novi Kestariwati, Aktor Teater
27. Fendra Restyawan, guru
28. Winda Listyani, sastrawan
29. Aditya, sastawan
30. Robby Vernando Toyek, seniman

31. Aam Kamil, penyair
32. Aan Haryono, Sastrawan
33. Moch. Khoirul Na’am, sastrawan
34. Fio Aditya Martin, penyair
35. Inez Shabrina, sastrawan

36. Samsudin Adlawi, penyair
37. Rulin Dwi Wahyuningsih, guru dan penulis



Apa Reaksi Anda?

Komentar