Gaya Hidup

Es Coklat Tambah Umur, Si Manis Nan Legendaris

Surabaya (beritajatim.com) – Minuman es coklat ini sudah ada sejak 1950. Keberadaannya memang sudah setengah abad lebih, namun tetap setia dengan citarasa segar dan manis. Segelas es coklat tambah umur cocok dinikmati di tengah hari Kota Surabaya yang panas.

Kedai minuman es coklat tersebut berlokasi di Jl Simokerto 49 Surabaya. Tak ada yang istimewa dari penampilan kedai tersebut, hanya berupa tenda biasa dengan banner besar bertuliskan ‘es coklat tambah umur’. Di tenda itu, ada beberapa kursi dan meja untuk pelanggan. Meski buka hampir setiap hari, namun kedai minuman ini hanya menawarkan satu menu andalan.

Kedai es coklat ini sudah menginjak generasi kedua. Kedai tersebut tidak buka cabang. Namun perlahan mulai melebarkan sayap bisnisnya ke daerah waduk Unesa. Wiwik Sugiyati, pemilik kedai minuman tersebut menuturkan bahwa menu yang ditawarkan hanya satu yakni es coklat. Roti sobek menjadi salah satu teman minum es coklat yang cocok di kedai tersebut.

“Cuma satu menu mas, es coklat. Harganya delapam ribu rupiah per gelasnya. Ditambah roti jadinya sepuluh ribu. Rotinya murah, cuma dua ribuan,” ungkap Wiwik.

Pembeli biasanya memesan segelas es coklat, dengan sepotong roti sobek. Harga yang murah menjadikan kuliner ini favorit bagi semua kalangan. Rasa manis dan pahitnya es coklat yang pas, ditambah dengan potongan roti yang dicelupkan, sungguh menjadi perpaduan yang serasi. Dalam sehari, kedai ini mampu menjual puluhan hingga ratusan gelas es coklat.

Wiwik menambahkan, meskipun bisnis ini sudah berjalan puluhan tahun, namun dirinya menjamin kualitas es coklatnya tetap sama dari sejak pertama berdiri. Ia juga memastikan citarasa tidak akan berubah. “Resepnya dari dulu tetap sama. Takaran gula dan coklat pilihan berkualitas, tentunya biar rasanya juga tetap sama dari dulu,” tutup Wiwik.

Indah (21), salah seorang pembeli asal Kota Gresik menjelaskan bahwa dirinya pertama kali mencoba es coklat tambah umur. Perpaduan coklat dan gula yang pas, diakuinya sangat cocok dengan lidah. “Kebetulan lewat sini, dan bener sih, rasanya enak banget, pas. Dan yang penting murah meriah,” ujar dara cantik tersebut. [mfr/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar