Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Efektif Turunkan Berat Badan, Lakukan 3 Gerakan Ini di Rumah

Andres, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Masa karantina mandiri kerap menyita waktu olahraga Anda. Akibatnya lemak dalam tubuh ikut menumpuk. Penting bagi Anda melakukan olaharaga walaupun di rumah.

Melansir Live Strong, Jumat (24/9/2021) sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Sports Medicine, British pada April 2019 mengatakan salah satu olahraga yang dapat secara maksimal membakar lemak adalah pelatihan interval. “Jika latihan interval dilakukan dengan benar, Anda bisa masuk ke EPOC (kelebihan konsumsi oksigen pasca latihan),” kata Mike Vaught, direktur pelatihan pribadi dari Snap Fitness di Chanhassen, Minnesota.

Ia juga mengatakan latihan interval memiliki manfaat lebih, atau biasa disebut dengan efek setelah pembakaran, yakni ketika tubuh Anda masih membakar kalori lemak dalam jumlah tinggi meskipun latihan telah selesai. Apa saja macam-macam gerakannya? Berikut ulasannya:

 

Loncat tanpa push-up

Seorang pelatih CrossFit bersertifikat di Miami dan RSP Nutrition, Tony Carvajal mengatakan gerakan yang melibatkan seluruh anggota tubuh ini banyak membakar kalori. “Gerakan ini akan membuat jantung Anda berdetak dengan cepat.” Anda dapat memodifikasi gerakannya menjadi lebih sederhana namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengangkat bola berat tinggi-tinggi

Jeff Bell, salah satu pendiri dan pelatih utama di Belleon Body NYC di Kota New York, mengatakan gerakan ini merupakan salah satu latihan favoritnya di rumah karena melatih setiap otot di tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dia mengatakan untuk menambahkan lompatan jongkok saat Anda berada di posisi bawah sebelum melakukan gerakan menekan kepala.

Mengangkat barbel

Carvajal juga mengatakan goblet squat atau mengangkat barbel, sama seperti squat lainnya. Yakni membantu Anda membangun kekuatan tubuh bagian bawah, massa otot tanpa lemak, dan meningkatkan keterlibatan otot. “Penggerak utama adalah bokong dan paha depan, tetapi otot-otot lain di tubuh bagian bawah juga berkontribusi pada gerakan itu,” kata Carvajal. Latihan ini juga cocok untuk olahraga di rumah karena yang Anda butuhkan hanyalah ruang sederhana dan barbel. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar