Gaya Hidup

East Java Harmony, 11 Desainer Tampilkan 60 Karya Batik Gringsing

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim akan menyelenggarakan ‘East Java Fashion Harmony’.

Unjuk karya busana batik yang melibatkan sekitar 11 desainer ini bakal dilaksanakan dengan memadukan konsep virtual yang disaksikan langsung oleh undangan dalam jumlah terbatas pada Sabtu (14/11/2020) mendatang. Ini karena digelar di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan fashion yang menyuguhkan 60 busana karya terbaru motif gringsing para desainer itu akan diperagakan lewat tayangan platform digital di Villa Solong, Banyuwangi.

“Sesuai tema Fashion On The Beach, kami sengaja pilih tempat yang menawarkan potensi alam. Batik masuk potensi pariwisata. Batik juga masuk wilayah ekonomi kreatif. Sudah waktunya Jatim punya rumah untuk fashion, dan materinya adalah batik. Bu Gubernur Jatim sangat menginginkan hal itu ada di Jatim. Dilakukan di indoor dan outdoor. Ada perpaduan dengan wisata alam di Banyuwangi, ke depan bisa jadi diadakan di Bromo, Magetan dan lainnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Jatim, Sinarto kepada wartawan.

Sinarto menjelaskan, pandemi Covid-19 ini memberi wawasan baru dalam sebuah penyelenggaraan acara tahunan ‘East Java Fashion Harmony’. “Jika sebelumnya hanya dilakukan di sebuah lokasi dan diperagakan di atas panggung, sekarang disajikan secara virtual, sehingga penontonnya bisa lebih banyak dan lewat batas negara,” ujarnya.

Dan, atas masukan dari para desainer, negara yang akan jadi fokus promosi pentas busana batik kali ini adalah Eropa Timur. “Itulah makanya penyelenggaraan kali ini mengangkat slogan ‘East Java to The World’. Kita berharap batik kita makin dikenal di pasar global,” tegasnya.

‘East Java Fashion Harmony’ II 2020 ini akan dihadiri Rr Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 sebagai bintang tamu. Dalam pelaksanaannya nanti, juga disajikan seni tradisional Tari Pesona Gringsing yang dikemas penata tari, Subari Sofyan dan penata musik, Moch Pungky.

Para desainer Jawa Timur yang bakal pamer karya mereka adalah Embran Nawawi, Lia Afif, Denny Djoewardi, Yussi Martha, Zakiyah Fitri, Isyam Syamsi, Riris Ghofir, Elly Virgowati, Lilik Sulamdari, Yayuk Nurmaisyah dan Listya Dyah Rahayu. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar