Gaya Hidup

Dorong Komunitas Lebih Kreatif, Dagelan Adventure Gelar Sarasehan Cara Praktis Pembuatan Sablon

Surabaya (beritajatim.com) – Komunitas pecinta alam Dagelan Adventure yang bekerja sama dengan Uprise Surabaya yang tergabung dalam sahabat SuperAdventure Surabaya menggelar sarasehan pembuatan sablon dari teori hingga ke taraf praktiknya. Hadir sebagai pembicara yakni Roky Yulmezak pembina komunitas Semanggi Alas yang menggeluti dunia sablon sejak enam tahun terakhir ini.

Acara ini digelar di Perum Griya Tamansari Desa Tawangsari Sepanjang, Sidoarjo pada akhir pekan lalu. Roky Yulmezak yang akrab disapa Growak ini membeberkan tips praktis pembuatan sablon kepada peserta sarasehan yang merupakan anak komunitas pecinta alam dari berbagai organisasi ini.

“Tema sarasehan kali ini adalah industri kreatif untuk komunitas produktif, harapannya anak-anak komunitas bisa lebih kreatif serta mandiri, dan kelak bisa memiliki merchandise sendiri sebagai ciri khas komunitas mereka. Caranya melalui karya mereka seperti dalam bentuk sablon, baik itu kaus, tas, atau souvenir lainnya,” katanya, kemarin.

Karena itu, dalam acara kali ini kata dia dikemas dalam bentuk sarasehan. Menurutnya konsep sarasehan digelar secara terbuka, peserta bisa mengeluarkan pendapat, pengetahuan atau wawasan tentang dunia sablon.

Lalu bagaimana proses pembuatan sablon? Seperti disampaikan dalam sarasehan kemarin, peserta diajarkan mulai dari mempersiapkan desain yang akan diaplikasikan hingga ke proses pengafdrukan, dan lanjut ke proses sablon dengan media scraft dan kaus.

“Dalam sarasehan kemarin, kita bahas tuntas prosesnya, satu per satu, karena kita fasilitasi dengan membawa meja afdruk, printer laser jet untuk kalkir serta alat-alat sablon pastinya, mulai dari screen, rakel, alat sablon presisi, dan obat-obat sablon lainnya,” urainya.

Pembina SuperAdventure Surabaya Faris Affandy didampingi Affan Haris Shofwanadi mengatakan, sarasehan kali ini sangat penting, terlebih situasi pandemi COVID-19 saat ini kita semua dituntut kreatif agar tetap bisa mandiri menghidupi komunitas dan tetap eksis. Pihaknya mendorong komunitas binaan bisa lebih kreatif lagi dan pada akhirnya bisa lebih produktif.

“Harapannya ilmu dari pemateri yang sudah berpengalaman dalam dunia sablon ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan komunitas,” terangnya. Dengan demikian setidaknya komunitas masing-masing bisa terus hidup, syukur-syukur kata dia ilmu yang didapat juga bisa diajarkan lagi untuk lingkungan masing-masing komunitas. Dengan demikian kehadiran komunitas bisa makin positif dan bisa berbuat lebih baik untuk masyarakat.

Sahabat SuperAdventure Surabaya akan terus menggelar kegiatan yang sifatnya lebih memajukan komunitas, baik itu dari sumber daya manusian maupun dari sisi organisasi. Sarasehan kemarin juga digelar dengan memperhatikan protokol pencegahan penularan COVID-19 seperti dengan memakai masker, menyedikan handsanitizer, serta menjaga jarak. (*)





Apa Reaksi Anda?

Komentar