Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Diet Sehat: Tetep Sarapan Tapi Nggak Bikin Gemuk, Ini Kuncinya

(Foto: Adreas Aurton, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sarapan memang sangat dianjurkan ahli karena dapat menjadi asupan energi sepanjang hari. Namun, karena sedang diet dan mengurangi porsi makan serta cemilan, Anda tentu bingung bagaimana caranya agar tetap bisa sarapan tanpa takut membuat gemuk, bukan?

Seleksi makanan

Melansir Women’s Health, Kamis (16/9/2021) Amanda Baker Lemein, RD, anggota dewan penasihat Kesehatan Wanita, mengatakan bahwa pemilihan bahan makanan itu penting. “Sarapan yang sehat dan berkelanjutan perlu diimbangi dengan protein.” Setidaknya dibutuhkan 25 gram protein untuk sarapan agar merasa tetap kenyang hingga waktu makan siang, ucap Gabrielle Tafur, RD, ahli diet yang berbasis di Orlando, Florida.

Sebaliknya, memulai hari dengan makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat Anda kenyang sesaat saja. Sedangkan untuk kalori, Gabrielle merekomendasikan sekitar 400 hingga 500. “Jumlah ini memungkinkan untuk mencegah ngemil yang tidak perlu sepanjang hari,” katanya.

Pemilihan protein

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa telur merupakan bahan makanan yang kaya akan protein dan zat besi. Selain itu kata Gabriell, telur juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena harganya yang relatif murah dan bisa dimakan dengan berbagai cara. Jika Anda penyuka daging, namun tetap ingin memperhatikan asupan kalori karena sedang diet, sosis ayam organik mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Sosis ayam organik merupakan pilihan tanpa lemak yang bisa menjadi alternatif rendah lemak dan rendah sodium. Selain itu, selai kacang bisa menjadi alternatif tambahan untuk mendapatkan dosis lemak dan protein yang baik, selama Anda tidak berlebihan dalam menyajikannya

Buah dan sayur yang baik untuk sarapan

Untuk mendapatakan asupan energi banyak namun jumlah gula yang sedikit, Gabrielle merekomendasikan buah melon sebagai bahan membuat smoothie. Selain itu ia juga menyarankan untuk mengonsumsi buah kiwi yang akan memberikan Anda asupan vitamin C. Jangan lupakan buah papaya yang manis dan enak, serta mengandung enzim untuk membantu proses pencernaan, kata Gabrielle. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar